Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makanan Apa Saja yang Cocok Disantap Bersama Kimchi?

Kompas.com - 21/10/2020, 09:17 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Salah satu makanan paling mudah untuk diolah lagi jadi aneka sajian adalah kimchi.

Sayuran fermentasi khas Korea dengan rasa yang unik ini memang tak hanya jadi makanan pendamping saja. Kimchi bisa juga diolah jadi aneka sajian dari yang sederhana sampai rumit.

Lantas, makanan apa saja yang cocok dimakan bersama kimchi atau dipadupadankan dengan sayuran ini?

Baca juga: Resep Kimchi Jjigae, Sup Kimchi Sehat Banyak Sayuran

Menurut Asiah Syahidah dari @daebakid, kimchi bisa diolah jadi apa saja dan cocok dinikmati dengan makanan apa saja.

Namun, makan kimchi bisa dibilang jadi kewajiban setiap kali makan barbekyu ala Korea.

Hal itu ia sampaikan kala menjadi pembicara dalam sesi Eat with Love “Muslim Friendly Korea Online Festival” yang diselenggarakan Korea Tourism Organization (KTO), Sabtu (17/10/2020).

Kimchi itu bikin enak makanan yang berminyak. Misalnya kita makan yang berminyak nih, makan kimchi itu bisa membantu jadi enggak berminyak banget,” papar dia.

Ilustrasi pancake kimchiShutterstock/YDG Ilustrasi pancake kimchi

Pakai kimchi yang asam

Namun yang pasti, kimchi yang cocok diolah jadi sajian lain biasanya adalah kimchi yang sudah difermentasi cukup lama. Sehingga rasa asamnya sudah cukup kuat.

Jika menggunakan kimchi yang baru difermentasi beberapa hari saja, biasanya rasa makanan jadi kurang sedap karena rasa asamnya tidak terlalu kuat.

Influencer Michi Momo yang juga jadi pembicara di kesempatan yang sama juga mengatakan hal serupa.

Baca juga: Resep Kimchi Sawi Putih dari Chef Profesional

Biasanya orang Koeea Selatan membuat kimchi setahun sekali. Setelah dibuat, kimchi disimpan dalam kulkas atau ditanam dalam tanah. Kimchi tersebut baru dimakan setahun kemudian.

“Kalau makin lama ya makin asam aja. Makin asam itu makin enak biasanya kalau dibuat kimchi jjigae. Kalau di Korea itu mereka ada juga yang makan pakai pizza,” tutur Michi.

Ilustrasi kimchi pizzaShutterstock/Need Swanya Ilustrasi kimchi pizza

Dari nasi goreng sampai pancake

Kimchi juga cocok dinikmati dengan ayam goreng dan burger. Jika dimakan bersama ayam goreng, biasanya orang Korea menikmati kkakdugi kimchi atau kimchi yang dibuat dari lobak dan dipotong kotak-kotak kecil.

Sementara Asiah cenderung sering mengolah kimchi yang sudah asam jadi olahan nasi goreng. Ia membuat kimchi fried rice dari kimchi yang minimal sudah sebulan difermentasi.

Baca juga: Resep Dubu Kimchi Korea, Tahu Rebus dan Tumis Kimchi yang Menyehatkan

Selain kimchi fried rice, kimchi yang sudah cukup asam juga cocok diolah jadi pancake kimchi. Pancake ini juga cukup mudah membuatnya.

Kimchi yang asam dipotong kecil-kecil. Setelah itu dicampur dengan adonan tepung dan bumbu sesuai selera lalu digoreng dengan sedikit minyak dan dicetak seperti pancake. Makanan ini sangat cocok dinikmati saat cuaca hujan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com