Tips Membuat Nasi Goreng Kimchi agar Rasanya Lebih Otentik

Kompas.com - 20/10/2020, 20:17 WIB
Ilustrasi kuliner Korea : nasi goreng kimchi (kimchi bokkeumbap). SHUTTERSTOCK/JOHNATHAN21Ilustrasi kuliner Korea : nasi goreng kimchi (kimchi bokkeumbap).


KOMPAS.com – Membuat nasi goreng kimchi mungkin terdengar mudah. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat nasi goreng kimchi milikmu jadi lebih otentik Korea.

Baca juga: 25 Kuliner Korea yang Sering Muncul pada Drama, Pernah Coba yang Mana?

Nasi goreng kimchi atau kimchi bokkeumbap merupakan perpaduan nasi campur kimchi dan sayuran favorit lainnya.

Nasi goreng kimchi menjadi solusi praktis menu sarapan atau makan malam. Dibuat juga saat lauk lain habis atau kimchi tinggal sedikit, misalnya.

Influencer Michi Momo yang juga pemilik restoran Korea Bamsae memberikan beberapa tips memasak nasi goreng kimchi agar rasanya lebih otentik.

Biasanya, orang Indonesia membuat nasi goreng dengan menggunakan minyak sayur dicampur dengan bawang putih dan bawang merah.

“Kalau aku buat nasi goreng kimchi itu pakai sesame oil (minyak wijen) terus daun bawang,” kata Michi dalam sesi Eat with Love “Muslim Friendly Korea Online Festival” yang diselenggarakan Korea Tourism Organization (KTO), Sabtu (17/10/2020).

Setelah itu, ia menggunakan bawang putih yang tidak terlalu banyak. Baru masukkan kimchi ke dalam wajan. Tumis sebentar sampai aromanya harum.

Kemudian, daging pelengkap untuk nasi goreng pun dimasukkan bersama dengan air kimchi.

Baca juga: Resep Kimchi Mudah ala Rumahan, Bikin Sendiri Makanan ala Drama Korea

“Mau tambah telur juga bisa sih kamu bisa tambahin topping apa saja sesuka kamu. Tapi buat aku kuncinya sih di sesame oil,” papar dia.

Selain itu, ia juga menggunakan kecap asin. Berbeda dari nasi goreng di Indonesia yang biasanya menggunakan kecap manis.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X