Pekan Sagu Nusantara Pecahkan Rekor Dunia Makan Sagu Serentak Terbanyak

Kompas.com - 20/10/2020, 16:08 WIB
Yahulin (54), warga Kampung Karatung satu, Manganitu, Kabupaten Kepulauan Sangihe sedang mencuci pati pohon sagu untuk dijadikan tepung sagu. KOMPAS.com/Ronny Adolof BuolYahulin (54), warga Kampung Karatung satu, Manganitu, Kabupaten Kepulauan Sangihe sedang mencuci pati pohon sagu untuk dijadikan tepung sagu.

KOMPAS.com — Pembukaan Pekan Sagu Indonesia pada Selasa (20/10/2020) dimeriahkan dengan pemecahan rekor Museum Rekor Dunia-Indonesia ( MURI), makan makanan olahan sagu secara serentak di 14 provinsi Indonesia.

"Pencapaian rekor hari ini dalam rangka untuk mempromosikan ragam kebaikan sagu dan meningkatkan konsumsi sagu di  masyarakat," ucap Senior Manajer MURI Awan Rahargo, dalam EXPO Pekan Sagu Nusantara siaran langsung dari YouTube pada Selasa (20/10/2020).

Baca juga: Bedanya Tepung Sagu dan Tepung Tapioka, Kenali Sebelum Bikin Kue

"Dengan bangga dan hormat rekor dunia mencatat tidak hanya dalam kategori nasional tapi juga rekor dunia," lanjut Awan. 

Awan menyatakan bahwa pemecahan rekor memakan bahas dasar sagu memang sudah ada sejak 2015.

Namun, keunikan pada pemecahan rekor kali ini terjadi di lokasi terbanyak dan serentak.

Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Provinsi Papua Omah Laduani Ladamay, Menteri Perindustrian Indonesia Agus Gumiwang Kartasasmita, mewakili penemerimaan penghargaan Museum Rekor Dunia Indonesia dari kegiatan memakan olahan sagu serentak di lokasi terbanyak.YOUTUBE/Pekan Sagu Nusantara Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Provinsi Papua Omah Laduani Ladamay, Menteri Perindustrian Indonesia Agus Gumiwang Kartasasmita, mewakili penemerimaan penghargaan Museum Rekor Dunia Indonesia dari kegiatan memakan olahan sagu serentak di lokasi terbanyak.

Pekan Sagu Nusantara dengan tema 'Sagu untuk Indonesia Maju' diikuti 14 provinsi penghasil sagu.

Pemecahan rekor makan sagu secara serentak diikuti dengan acara pameran hasil olahan sagu dari daerah.

Pekan Sagu Nusantara juga mengadakan gelar wicara dipandu Andy F. Noya dan konser virtual bersama Vidi Aldiano melalui siaran langsung di Youtube pada Selasa (20/10/2020).



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X