Mengulik Cascara, Kulit Biji Kopi yang Bisa Jadi Kombucha

Kompas.com - 02/12/2020, 20:08 WIB
Ilustrasi cascara shutterstockIlustrasi cascara

KOMPAS.com - Kenikmatan kopi tidak hanya bisa dinikmati dari biji kopinya. Kulit kopi pun bisa diolah, diseduh menjadi sebuah teh. Cascara adalah kulit biji kopi kering yang biasa digunakan untuk membuat teh.

Baca juga: Jakarta Coffee Week 2020 Digelar Online, Promo Kopi dan Belajar tentang Kopi Gratis

Sesi "Coffee Exploration in Multiple Form" Jakarta Coffee Week 2020 (#Jacoweek) bersama Rendy dan Aga dari Shoot Me in the Head Coffee menjabarkan mengenai cascara.

" Cascara ini ini bisanya bisa menjadi pupuk untuk pohon kopi tapi juga ada yang hanya terbuang gitu aja, jadi sayang banget," jelas Aga, Selasa (01/12/2020).

Rendy juga menambahkan bahwa sangat disayangkan kalau kulit biji kopi ini hanya menjadi limbah dan terlewat begitu saja.

Cascara yang dipakai oleh Shoot Me in the Head Coffee berasal dari Jawa Timur. Rendy mengatakan, dalam dunia kopi sangat disayangkan jika tak memanfaatkan segala komponen kopi yang bisa diolah.

"Menurut gue kalau di kopi itu tidak hanya biji kopinya saja tapi banya hal yang bisa dipakai. Misalnya gue ke Padang, ada kawa, kawa daun juga bisa diseduh," jelasnya.

Ia mengatakan bahwa cascara ini bisa dimanfaatkan menjadi kombucha.

Baca juga: Rasa Cokelat dari 3 Daerah Indonesia, Tebak Flavour Notes Seperti Kopi

ilustrasi kombuchashutterstock/stockcreations ilustrasi kombucha

Melansir artikel Kompas.com, kombucha sendiri adalah minuman fermentasi teh hijau atau hitam, gula, ragi, dan bakteri. Minuman ini diyakini berasal dari China sejak 2.000 tahun silam.

Baca juga: Kombucha Minuman Sehat, Mitos atau Fakta?

Hal yang unik dalam pembuatan kombucha adalah dilakukan dengan menambahkan koloni bakteri hidup dan ragi yang dikenal sebagai symbiotic colony of bacteria and yeast (SCOBY).

SCOBY ditambahkan ke teh manis dan dibiarkan terfermentasi selama beberapa minggu sampai menjadi minuman bercita rasa manis sedikit asam.

Kalau biasanya kombucha memakai black tea sedikit, kali ini kamu dapat menggantinya dengan cascara dengan jumlah yang lebih banyak.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X