7 Bumbu Utama Masakan Korea, Doenjang sampai Ganjang

Kompas.com - 08/09/2020, 12:31 WIB
Ilustrasi bumbu utama masakan Korea: doenjang, fermentasi pasta kacang kedelai SHUTTERSTOCK/JOHNATHAN21Ilustrasi bumbu utama masakan Korea: doenjang, fermentasi pasta kacang kedelai

KOMPAS.com -  Masakan Korea kini sudah mendunia dan memiliki penggemar dari berbagai belahan dunia. Namun, apa saja bahan masakan Korea yang selalu ada di dapur masyarakat Korea?

Baca juga: 25 Kuliner Korea yang Sering Muncul pada Drama, Pernah Coba yang Mana?

Berikut melansir dari Theculturetrip.com, Sheknows.com, dan Quickanddirtytips.com 7 bahan masakan yang hampir selalu ada di dapur orang Korea.

1. Doenjang (pasta kacang kedelai fermentasi)

Doenjang sejenis pasta kacang fermentasi yang merupakan salah satu bumbu terpenting dalam masakan Korea. Pasta kacang ini dibuat dengan memfermentasi kedelai dengan garam.

Bahan masakan ini telah digunakan sebagai bumbu dalam masakan Korea lebih dari seribu tahun.

Beberapa makanan yang dikenal yang memakai bumbu ini adalah doenjang jiggae (sup pasta kedelai) dan juga menjadi bahan tambahan dalam BBQ Korea.

2. Gochujang (pasta cabai)

Ilustrasi bumbu utama masakan Korea: gochujang, pasta cabai.SHUTTERSTOCK/SUCCESSO IMAGES Ilustrasi bumbu utama masakan Korea: gochujang, pasta cabai.

Gochujang adalah bumbu Korea dari fermentasi dari cabai merah, beras ketan, kedelai.

Bumbu ini salah satu bumbu terpenting untuk orang Korea. Karena dari hidangan nasi hingga semur dan bahkan kentang goreng selalu ditambah gochujang.

 

Pasta cabai ini menambah rasa pedas manis pada makanan.

Baca juga: Apa Itu Gochujang? Saus Pedas pada Kuliner Khas Korea

3. Gochugaru (bubuk cabai)

Ilustrasi bumbu utama masakan Korea: gochugaru, bubuk cabai.SHUTTERSTOCK/BRENT HOFACKER Ilustrasi bumbu utama masakan Korea: gochugaru, bubuk cabai.

Bahan penting lainnya dalam masakan Korea adalah gochugaru. Cabai merah Korea yang digiling kasar yang memiliki tekstur seperti serpihan dan bubuk.

Dahulu gochugaru dibuat dari cabai kering yang dijemur, sampai sekarang cara ini masih dianggap memiliki rasa terbaik. Gochugaru adalah bahan yang harus ada untuk membuat varian saus dan kimchi.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X