3 Cara Pipil Biji Jagung Tanpa Alat Mahal, Bekal Bikin Bakwan

Kompas.com - 02/12/2020, 12:02 WIB
Ilustrasi jagung rebus. UNSPLASH/VIRGIL CAYASAIlustrasi jagung rebus.

KOMPAS.com - Biji jagung menjadi bahan utama sejumlah masakan misalnya bakwan dan sup. Sebelumnya, biji jagung harus dilepas dulu dari tongkolnya.

Kamu dapat memipil biji jagung tanpa alat khusus, cukup menggunakan pisau dan bantuan perlatan dapur yang umum.

Sebelum memipil biji jagung, kamu harus mengupas dan membersihkan serabutnya. Menurut Cook's Illustrated, kamu dapat memotong tangkai ujung tongkol tepat di atas baris pertama biji jagung.

Masukkan ke dalam microwave, panaskan 30-60 detik. Keluarkan, tarik kulit jagung sekaligus.

Kalau tidak ada microwave, setelah memotong ujung tongkol jagung langsung tarik kulitnya sampai lepas. Dengan begini, kulit sekaligus serabutnya akan terangkat. Baru lanjutkan memipil biji jagung.

The Kitchn membagikan 3 cara melepas biji jagung dari tongkolnya.

Baca juga: Cara Simpan Jagung agar Tidak Kering dan Tetap Manis

Ilustrassi jagung di dalam panci. UNSPLASH/MOHD HAFIZ YAHYA Ilustrassi jagung di dalam panci.

1. Pakai 2 mangkuk

Siapkan dua mangkuk ukuran kecil atau sedang dan besar. Pastikan mangkuk ukuran sedang ini bisa masuk dengan lancar ke dalam mangkuk besar.

Tempatkan mangkuk sedang secara terbalik di dalam mangkuk besar. Mangkuk sedang untuk alas memipil biji jagung, sedangkan mangkuk besar untuk menampungnya.

Berdirikan jagung di atas mangkuk sedang, sisir pakai pisau tajam dari atas ke bawah.

Baca juga: Resep Bakwan Jagung Manis dan Cara Bikin agar Renyah

2. Pakai talenan

Rata-rata kamu memposisikan jagung secara horizontal untuk memudahkan melepas bijinya. Namun, untuk metode satu ini posisikan jagung secara vertikal di atas talenan.

Iris biji jagung layaknya pada sayuran biasa. Lalu, letakkan bagian datar yang sudah dipotong menghadap talenan alias berada di bawah. Iris biji jagung sampai semua sisi tongkolnya bersih.

Pekerja menyelesaikan pembuatan loyang di Citeureup, Kabupaten Bogor, Kamis (15/10/2020). Musim pandemi Covid 19, permintan loyang mengalami penurunan.KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Pekerja menyelesaikan pembuatan loyang di Citeureup, Kabupaten Bogor, Kamis (15/10/2020). Musim pandemi Covid 19, permintan loyang mengalami penurunan.

3. Pakai loyang bolu

Kamu suka membuat kue dan mempunyai berbagai jenis loyang? Coba cari loyang bolu di dalam lemari. Ambil dan gunakan sebagai alas memipil biji jagung.

Loyang bolu yang dimaksud berbentuk bundar dan lubang bagian tengahnya.

Berdirikan jagung di lubang tersebut, iris bijinya menggunakan pisau tajam. Biji pun tidak akan berantakan, langsung tertampung di dalam loyang.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X