Cara Hilangkan Bau Amis Ayam, Mulai dari Sebelum Masak

Kompas.com - 13/11/2020, 17:06 WIB
ilustrasi jeruk nipis Shutterstockilustrasi jeruk nipis

KOMPAS.com - Perasan jeruk seperti jeruk nipis dan lemon dapat digunakan untuk menghilangkan bau amis pada ayam sebelum dimasak.

Hal tersebut juga dilakukan oleh Chef Andry Stefanus dari The Sultan Hotel and Residences Jakarta saat memasak Kari Ayam Bihun Medan dalam sesi #MasakdiRumahAja pada Live Instagram @kompas.travel, Kamis (12/11/2020).

"Kalau enggak dipakai enggak apa-apa juga sebenarnya, tapi sebaiknya dikasih perasan air jeruk nipis," kata Andry.

Baca juga: Resep Ayam Betutu Khas Bali, Masak Pakai Alat Sederhana di Rumah

 

Sebab, ia mengatakan jeruk nipis berpengaruh pada rasa daging ayam yang nantinya akan ada rasa asam. 

Ia pun menyarankan, bila sebaiknya makanan berkuah yang berbahan dasar ayam diberi perasaan jeruk.

"Bisa mengimbangi santan atau kuah dari masakannya. Menurut saya, makanan harus ada rasa balance supaya bisa dinikmati. Kalau makanan berkuah," kata dia. 

Baca juga: Cara Potong Ayam Utuh Jadi 8 Bagian, Siap Jadikan Ayam Goreng Krispi

Membunuh bakteri

Ilustrasi ayam panggang rosemary.Dok. Freepik/ Valeria_Aksakova Ilustrasi ayam panggang rosemary.

Sementara itu, dikutip dari Cookist.com, menggunakan jus lemon, jus jeruk nipis, atau cuka untuk ayam dan ikan sebelum dimasak adalah praktik umum di Kepulauan Karibia.

Sebelum lemari es ditemukan, orang menggunakan perasan asam tersebut karena dianggap bisa membunuh bakteri pada ayam dan memberi sedikit rasa tambahan.

Baca juga: Resep Mi Ayam Komplet, Jajanan Kaki Lima yang Mudah Dibuat Rumah

Saat ini, orang menggunakan jeruk atau cuka, juga untuk menghilangkan bau dari tempat pendingin atau truk pengatur suhu untuk mengangkut daging.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X