Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahan Pengganti Santan untuk Bikin Kari Ayam Bihun Medan

Kompas.com - 13/11/2020, 11:18 WIB
Ryana Aryadita Umasugi,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Salah satu bahan dasar Kari Ayam Bihun Medan adalah santan untuk dicampir dengan kaldu kuah.  

"Bisa. Ada yang keberatan pakai santan alternatifnya bisa juga pakai susu misal mau diet bisa pakai susu kedelai. Kalau enggak diet bisa pakai yang full cream," ucap Execuitive Chef The Sultan Hotel & Residence Jakarta, Andry Stefanus dalam sesi #MasakdiRumahAja di live Instagram @kompas.travel, Kamis (12/11/2020).

Meski demikian, bila komponen tersebut diganti maka terjadi pula perubahan pada rasa kari ayamnya.

Baca juga: 3 Tips Masak Santan agar Tidak Pecah

"Kalau diganti ke susu pasti akan ada perubahan rasa, karena santan lebih heavy dan gurih, sedangkan susu lebih light dan plain rasanya," kata dia.

Andry menyarankan agar lebih baik menggunakan santan dibandingkan susu karena pengaruhnya tersebut kepada rasa Kari Ayam Bihun Medan.

Baca juga: Resep Kari Ayam Bihun Medan, Cocok Disantap Bersama Keluarga

Perbandingan santan instan dan santan pasar

Selain itu, ada dua tipe santan yang bisa dipakai untuk membuat menu makanan asal Medan, Sumatra Utara. Andry sendiri lebih sering menggunakan santan instan ketimbang santan jadi.

Andry memilih menggunakan santan instan karena tekstur dan kekentalannya disebut sudah pas. Santan instan telah ditakar terlebih dahulu sebelum dijual.

"Kalau opini saya, menggunakan santan instan lebih bagus karena tekstur kekentalan pas. Enggak terlalu encer. Rasa sudah gurih dan praktis.

Namun, kamu juga bisa menggunakan santan dari pasar atau santan yang diperas langsung dari parutan daging kelapa. Andry bilang, hal itu tergantung pilihan masing-masing.

Baca juga: Resep Bubur Kacang Hijau, Tanpa Santan Juga Enak

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com