Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Makanan yang Bikin Mood Lebih Baik, dari Cokelat sampai Telur

Kompas.com - 10/10/2020, 13:13 WIB
Theresia Amadea ,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Beberapa di antara kita mungkin merasakan suasana hati yang kurang menyenangkan. Bisa juga sampai mengalami perubahan suasana hati secara cepat alias mood swing.

Menangani hal tersebut, terdapat sejumlah makanan yang dapat meningkatkan suasana hati. Mengembalikan semangat untuk melakukan aktivitas kembali. Berikut 10 makanan yang bisa menaikkan mood, dari cokelat sampai telur.

Baca juga: Makan Cokelat Bisa Tingkatkan Gairan Seksual, Mitos atau Fakta?

1. Cokelat

Coklat memiliki senyawa theobromine yang bisa menaikan moodPEXELS Coklat memiliki senyawa theobromine yang bisa menaikan mood

Cokelat dikenal sebagai salah satu makanan yang bisa meningkatkan mood. Hal ini karena cokelat mengandung senyawa teobromina yang berpengaruh pada kestabilan emosi.

Melansir Eatingwell.com, Pusat Penelitian Nestlé di Swiss menemukan bahwa mengonsumsi sekitar 1,4 ons cokelat hitam secara rutin selama dua minggu, bisa menurunkan kadar kortisol dan hormon stres lainnya.

Selain itu, dalam Culinarynutrition.com menyebutkan bahwa cokelat juga kaya sumber antioksidan, zat besi, dan magnesium yang membantu tubuh lebih rileks.

Bersumber dari Edition.cnn.com, cokelat juga bisa menurunkan tekanan darah dan kolesterol.

Baca juga: Bagaimana Perjalanan Cokelat dari Kebun hingga Jadi Makanan?

2. Kopi dan teh

Ilustrasi kopi Vietnam drip terbuat dari bubuk kopi Vietnam menggunakan alat Vietnam drip. SHUTTERSTOCK/MALLIKAMP Ilustrasi kopi Vietnam drip terbuat dari bubuk kopi Vietnam menggunakan alat Vietnam drip.

Kopi dan teh mengandung kafein yang memiliki pengaruh baik pada suasana hati. Mary M. Sweeney, seorang peneliti dari Universitas Johns Hopkins mengatakan bahwa kafein cocok dikonsumsi saat suasana hati buruk.

"Kafein memiliki efek positif pada suasana hati dan fokus," kata Sweeney.

Teh hijau sendiri kadar kafeinnya lebih rendah dari kopi, tetapi manfaatnya juga tidak kalah dari kopi. Sehingga bagi yang tidak bisa minum kopi, teh bisa menjadi alteratif.

Baca juga: 5 Macam Peminum Kopi di Indonesia, Newbie sampai Pencari Promo

3. Almond

Almond memiliki asam amino tirosin yang bisa menaikan mood,PEXELS/Kafeel Ahmed Almond memiliki asam amino tirosin yang bisa menaikan mood,

Almond mengandung protein asam amino tirosin. Asam amino tirosin memengaruhi suasana hati seseorang sehingga dibutuhkan saat mood orang sedang tidak baik.

Dalam Culinarynutrition.com menyebutkan, almond juga mengandung magnesium dan vitamin E. Vitamin E berperan sebagai antioksidan yang membantu mengurangi kerusakan pada otak dan terbukti meningkatkan daya ingat.

4. Alpukat

Alpukat mengandung vitamin B5 yang bisa mempengaruhi suasana dan kelenjar adrenalPEXELS/ready made Alpukat mengandung vitamin B5 yang bisa mempengaruhi suasana dan kelenjar adrenal

Buah ini menurut Culinarynutrition.com mengandung vitamin B5 yang membantu pembuat neurotransmiter. Senyawa ini memengaruhi suasana dan kelenjar adrenal.

Bersumber dari Edition.cnn.com, alpukat juga mengandung asam folat yang baik untuk stamina, kesehatan mental, dan memori yang baik.

5. Ubi manis

Ubi manis memiliki vitamin B6 yang berpengaruh baik untuk menaikan moodUNSPLASH/Louis Hansel @shotsoflouis Ubi manis memiliki vitamin B6 yang berpengaruh baik untuk menaikan mood

Ubi manis mengandung vitamin C, serat, dan vitamin B6. Vitamin B6 berpengaruh untuk menaikkan mood.

Serat juga berkontribusi dalam menjaga kestabilan gula darah. Pasalnya, gula darah juga memengaruhi suasana hati seseorang.

Baca juga: Resep Korean Sweet Potato Bread, Roti Ubi Ungu Tekstur Seperti Mochi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com