Makan Cokelat Bisa Tingkatkan Gairan Seksual, Mitos atau Fakta?

Kompas.com - 05/09/2020, 19:21 WIB
Ilustrasi cokelat shutterstockIlustrasi cokelat

KOMPAS.com  - Coklat dipercaya sebagai makanan yang dipercaya dapat meningkatkan gairah seksual atau afkrodisiak.

Baca juga: Benarkah Afrodisiak dapat Merangsang Gairah Seksual?

Melansir dari The New York Times, fakta ini ada sejak zaman Suku Aztec yang mengaitkan biji kakao dengan hasrat seksual.

Kaisar Montezum, Kaisar terkenal di kekaisaran Aztec juga memercayai konsumsi kacang dalam jumlah berlebih dapat memicu gairah. Berikut fakta cokelat yang dipercaya sebagai  afrodisiak:

1. Kandungan dalam coklat

Pada era moderen saat ini, para ilmuwan menganggap kualitas cokelat sebagai afrodisiak dipengaruhi dari dua zat.  Pertama triptofan yaitu bahan penyusun serotonin, zat kimia otak yang terlibat dalam gairah seksual.

Baca juga: Hari Kesehatan Seksual Dunia, Apa Itu Makanan Afrodisiak?

Kemudian lainnya adalah phenylethylamine, stimulan yang berhubungan dengan amfetamin. Zat ini akan dilepaskan otak saat orang jatuh cinta.

Namun sebagian besar peneliti percaya bahwa jumlah zat ini dalam coklat terlalu kecil untuk meningkatkan efek libido.

Hasil studi yang mencari hubungan langsung antara konsumsi cokelat dan gairah seksual yang meningkat mengatakan tak menemukan satupun korelasi.

2. Tak dianggap efektif

Studi yang diterbitkan pada beberapa tahun belakangan di jurnal Sexual Medicine, mengamati secara khusus wanita, yang dianggap lebih sensitif terhadap efek cokelat.

Baca juga: Durian Bisa Tingkatkan Gairah Seksual, Mitos atau Fakta?

Para peneliti dari Italia, mengambil dan menganalisa sampel acak sebanyak 163 wanita dewasa dengan usia rata-rata 35 tahun.

Penelitian ini mengatakan jika tidak menemukan perbedaan signifikan antara tingkat gairah atau tekanan seksual yang dialami sampel ini.

Ilustrasi cokelatPicLeidenschaft Ilustrasi cokelat

 

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X