Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Kesehatan Seksual Dunia, Apa Itu Makanan Afrodisiak?

Kompas.com - 04/09/2020, 19:37 WIB
Yana Gabriella Wijaya,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com  - Deretan makanan yang dapat membangkitkan gairah atau disebut juga afrodisiak masih sering diperdebatkan.

Ada yang bilang memakan torpedo kaming dapat meningkatkan gairah seksual, tak hanya itu makanan yang lain seperti cokelat, durian, hingga madu digadang sebagai makanan yang mampu meningkatkan seksualitas.

Memeringati Hari Kesehatan Seksual yang jatuh pada 4 September tak ada salahnya mengetahui informasi kebenaran mengenai afrodisiak.

Melansir Healthline, afrodisiak adalah makanan atau obat yang membangkitkan naluri seksual.

 

Makanan yang tergolong afrodisiak dapat menimbulkan hasrat, meningkatkan kenikmatan, atau kinerja seksual bagi para penikmatnya.

Baca juga: Durian Bisa Tingkatkan Gairah Seksual, Mitos atau Fakta?

Afrodisiak sering dipergunakan untuk meningkatkan seksualitas. Kebanyakan bentuknya adalah obat fasmasi yang tersedia dan dipasarkan secara khusus untuk efek meningkatkan libido.

Beberapa orang lebih memilih alternatif alami, karena umumnya lebih aman dan cenderung memiliki lebih sedikit efek samping.

Namun afrodisiak masih jadi perdebatan, apakah itu mitos atau fakta. Meski demikian, makanan afrodisiak kerap disantap karena diyakini meningkatkan seksualitas.

Makanan yang diyakini memiliki dapat menambah gairah seksual adalah seperti torpedo kambing, durian, caba,i dan masih banyak lagi.

Mengingat belum ada bukti ilmiah yang mengaitkan makanan dan seksualitas secara langsung.

Baca juga: 7 Makanan Afrodisiak Peningkat Gairah Seksual, Saffron sampai Pistachio

Dari artikel Kompas.comSebelumnyaDr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB,FINASIM, FACP, mengatakan bahwa kebenaran ilmiah mengenai daging kambing, terutama bagian torpedo, sebagai afrodisiak belum terbukti.

Diakui testis kambing mengandung banyak testosteron yang bisa meningkatkan gairah seksual, tapi peningkatan libido terjadi karena banyak hal.

Jadi tak semata hasrat seksual timbul karena makanan tertentu.

Semuanya berdasarkan sugesti penikmatnya, bisa saja karena merasa sudah mengosumsi torpedo kambing seseorang merasa yakin bahwa libidonya meningkat.

Bahkan Stephen Snyder, pakar seksualitas dari Mt. Sinai Hospital, New York, Amerika Serikat menyebut bahwa makanan afrodisiak hanyalah sebuah fantasi.

Ilustrasi tiram. PIXABAY/YING-PIN PAO Ilustrasi tiram.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com