4 Cara Simpan Mentega Tanpa Kulkas agar Tidak Cepat Rusak

Kompas.com - 31/08/2020, 20:10 WIB
Menyimpan metega di suhu ruangan ada beberapa cara yang harus diperhatikan UNSPLASH/Megumi NachevMenyimpan metega di suhu ruangan ada beberapa cara yang harus diperhatikan

KOMPAS.com - Mentega sendiri perlu cara menyimpan yang benar agar tidak cepat rusak. Jangka waktu penyimpanan mentega dan tempat penyimpanan juga menjadi hal yang perlu diperhatikan.

Jenis mentega memengaruhi cara menyimpan yang terbaik. Ada mentega yang bisa disimpan dalam suhu ruangan, tapi ada yang harus dimasukkan kulkas.

Berikut tips dari Thekitchn.com dan Healthline.com yang untuk menjaga mentega tetap segar saat disimpan dalam suhu ruang:

1. Simpan mentega asin di suhu ruang

Mentega asin (salted butter) bisa diletakkan di suhu ruang dalam jangka waktu lama. Kandungan garamnya menjadi alasan utama mentega asin bisa bertahan di suhu ruangan.

Untuk unsalted butter bisa disimpan dalam suhu ruang tapi hanya sebentar jika ingin disiapkan untuk dipakai.

Ilustrasi butter crock, tempat khusus untuk menyimpan mentega. SHUTTERSTOCK/ALEYDAH MASSIEL Ilustrasi butter crock, tempat khusus untuk menyimpan mentega.

2. Gunakan tempat kedap udara dan bisa melindungi mentega dari cahaya

Mentega menjadi tengik dan busuk karena paparan cahaya dan udara. Oleh karena itu butuh wadah yang bisa melindungi mentega pada suhu ruang.

Disarankan menggunakan butter dish atau butter crock (wadah untuk mentega yang kedap udara dan cahaya).

Jika tidak memiliki tempat seperti itu, bisa simpan dalam wadah plastik buram yang kedap udara dan cahaya.

Hindari menyimpan mentega hanya dibungkus kertas lilin atau hanya di piring dan dibungkus plastik.

3. Simpan mentega di suhu sejuk

Jika suhu ruangan penyimpan atau dapur mencapai sekitar 21-25 derajat celsius, lebih baik simpan mentega di lemari es.

Ilustrasi mentega (butter) yang terbuat dari lemak hewan. Mentega biasa digunakan sebagai bahan pembuat roti maupun kue. SHUTTERSTOCK/SEA WAVE Ilustrasi mentega (butter) yang terbuat dari lemak hewan. Mentega biasa digunakan sebagai bahan pembuat roti maupun kue.

4. Pertimbangkan berapa banyak mentega yang disimpan di suhu ruang

Mentega asin memang bisa bertahan di suhu ruang, tapi hanya untuk 1-2 hari. Namun, jika penyimpannya tidak terpapar sinar matahari, kedap udara, dan di suhu yang sejuk bisa bertahan hingga lebih dari satu minggu.

Oleh karena itu jika masih ragu penyimpannya yang dilakukan sudah benar lebih baik sediakan sedikit mentega di suhu ruangan dan sisanya di kulkas.

Untuk memastikan mentega aman atau tidak dimakan, bisa cek bau dan rasanya. Jika baunya tengik dan rasanya asam tidak sedap, itu berarti mentega sudah busuk.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X