Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/06/2020, 20:40 WIB
Yuharrani Aisyah

Penulis

Sumber Allrecipes

KOMPAS.com - Kulkas menjadi 'penyelamat' untuk mengawetkan bahan makanan, baik mentah maupun matang.

Namun, tidak semua makanan tepat disimpan dalam kulkas. Ada jenis makanan yang malah akan cepat busuk atau kualitasnya menurun bila ditaruh di kulkas.

Baca juga: Berapa Lama Makanan Dapat Disimpan dalam Freezer? Berikut Daftarnya...

Misalnya saja roti yang kalau disimpan dalam kulkas malah akan bikin tekstur roti keras. Lalu bagaimana cara tepat simpan roti? Ikuti langkah berikut, dilansir dari Allrecipes.

Bungkus pakai kertas roti

Bungkus roti menggunakan kertas roti atau bungkus kertas (paper wrapping), pastikan semua bagian tertutup dengan baik.

Sebaiknya tidak membungkus roti pakai plastik, walaupun terlihat aman tetapi ada beberapa kerugian. Salah satunya, roti tak bisa 'bernapas' sehingga jadi lembap. Lama kelamaan akan muncul jamur.

Setelah dibungkus, taruh roti di meja dapur. Jauhkan roti dari peralatan dapur yang mengeluarkan panas, seperti oven dan mesin pencuci piring.

Ilustrasi roti buat sarapan. PIXABAY/DOMINIC ALBERTS Ilustrasi roti buat sarapan.

Taruh dalam kotak roti

Selain kertas roti, bisa juga menyimpan roti di dalam kotak khusus (bread box). Kotak roti punya sirkulasi udara yang cukup dan menjaga roti dari serangga.

Kalau pulang ke rumah nenek, tak jarang kita menemukan kotak roti seperti ini. Namun, sekarang cukup jarang yang menggunakannya.

Simpan dalam freezer?

Sebaiknya, roti tak disimpan dalam kulkas. Pasalnya, panas kulkas menyebabkan tekstur roti jadi kering, sedangkan kelembapan kulkas bikin roti mudah berjamur.

Ilustrasi roti dalam toaster. PIXABAY/FRANK OSCHATZ Ilustrasi roti dalam toaster.

Kendati demikian, roti tetap bisa disimpan dalam freezer. Caranya, potong roti menjadi bagian kecil. Supaya nanti mudah kalau mau mencairkannya kembali.

Masukkan dalam plastik, bisa freezer bag atau plastic wrap dan tutup rapat. Plastik bisa mencegah kristal es masuk ke roti dan menghindarkannya dari freezer burn.

Saat mencairkan roti kembali, buka plastik pembungkus supaya kelembapannya tidak menempel pada roti. Lebih baik, hangatkan roti sebelum dimakan. Bisa pakai oven atau alat pemanggang roti (toaster).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Allrecipes
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com