Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Durian Bisa Tingkatkan Gairah Seksual, Mitos atau Fakta?

Kompas.com - 16/06/2020, 22:04 WIB
Nabilla Ramadhian,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu mitos seputar buah durian adalah buah tersebut mampu meningkatkan gairah seksual. Benarkah demikian?

Spesialis gizi klinik Rumah Sakit Pondok Indah, dr Diana Suganda SpGk mengungkapkan, hal itu mungkin lebih kepada efek emosi.

"Durian bukan afrodisiak. Afrodisiak itu bisa meningkatkan gairah seksual. Durian itu tidak, lebih kepada memengaruhi mood dan emosi," kata Diana saat ditemui Kompas.com di RSPI, Selasa (11/2/2020).

Baca juga: Benarkah Durian Bisa Atasi Tekanan Darah Rendah?

Pakar gizi Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor, Ahmad Sulaeman, juga mengamini kemungkinan tersebut.

Menurutnya, terdapat sebuah penelitian yang mengatakan, buah durian mungkin dapat meningkatkan gairah seksual jika diteliti lebih lanjut.

Penelitian yang Ahmad maksudkan adalah penelitian berjudul Isolation and Aphrodisiac Screening of the Fruits of Durio zibenthinus Linn yang diterbitkan tahun 2010 dalam Asian Journal of Biological Sciences.

Para peneliti yang bersangkutan yakni  P. Venkatesh, K. Hariprasath, V. Soumya, M. Prince Francis, dan S. Sankar.

Baca juga: Sedang Diet, Bolehkan Makan Durian?

"Ada temuan baru namanya 3-β-hydroxy-21-Normethyl-19-vinylidenylursane. Temuan diisolasi dan dicoba ke tikus," kata Ahmad.

"Tikus itu spermanya lebih fertile dan juga menjadi lebih gesit. Mating (berhubungan intim) jadi lebih sering. Diduga karena pengaruh senyawa tersebut," kata Ahmad.

Ilustrasi durian. SHUTTERSTOCK/THASSIN Ilustrasi durian.

Kendati demikian, Ahmad mengatakan, sejauh ini untuk efek pada manusia, durian masih tidak terlihat dapat meningkatkan gairah seksual, karena belum ada penelitian lebih lanjut.

Oleh karena itu, efek durian bisa meningkatkan gairah sesksual adalah mitos semata.

Baca juga: Bolehkah Minum Obat Sebelum atau Sesudah Makan Durian?

Namun, Ahmad menuturkan, durian memiliki zat triptofan yang memengaruhi perasaan seseorang. Triptofan tersebut akan menghasilkan serotonin dan membuat seseorang menjadi lebih rileks.

"Makanya ada yang katakan durian itu afrodisiak, meningkatkan libido. Ya mungkin saja, tapi memang penelitian soal itu belum tuntas," kata Ahmad.

Selengkapnya mengenai durian bisa dibaca di VIK: Pesta Durian. Dalam VIK ini juga diulas mengenai tips, fakta dan mitos, hingga sejarah durian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com