Kompas.com - 16/06/2020, 19:21 WIB
Ilustrasi durian. shutterstock.com/ronnarongIlustrasi durian.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada mitos berkembang bahwa mengonsumsi durian dapat mengatasi tekanan darah rendah (hipotensi). Benarkah?

Durian tidak bisa bikin darah atau tensi naik. Itu lebih ke hubungannya di hormon,” kata Spesialis Gizi Klinik Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI) dr. Diana Suganda Sp. GK saat ditemui Kompas.com di RSPI, Jakarta, Selasa (12/2/2020).

Ia menjelaskan bahwa tekanan darah berhubungan dengan kerja ginjal.

Baca juga: Kenapa Indonesia Punya Jenis Durian Terbanyak di Dunia?

 

"Kenapa sama ginjal? Karena ada hubungannya sama renin-angiotensin yang mengatur tekanan darah," tambahnya. 

Menurut Diana, durian tidak serta merta dapat menaikkan tekanan darah.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu Ahli Gizi Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor (FEMA IPB) Prof. Dr. Ir. Ahmad Sulaeman, MS, PhD, mengatakan bahwa ada kandungan zat dalam durian yang justru bisa menurunkan tekanan darah.

Namun, menurut Ahmad, dalam beberapa kasus terutama mereka yang mengidap tekanan darah tinggi (hipertensi), kandungan zat tersebut tidak mempengaruhi tekanan darah.

Efeknya malah jadi sebaliknya. Ahmad menuturkan durian jadi bisa meningkatkan tekanan darah dan membahayakan para penderita hipertensi.

Suasana di Durian Ucok, Jalan Wahid Hasyim, Kota Medan, Sumatera Utara, Kamis (25/8/2016). Durian Ucok buka 24 jam setiap hari, tujuh hari dalam sepekan. Di sini, pengunjung bisa meminta durian sesuai rasa yang digemari, antara pahit dan manis.KOMPAS.com / RODERICK ADRIAN MOZES Suasana di Durian Ucok, Jalan Wahid Hasyim, Kota Medan, Sumatera Utara, Kamis (25/8/2016). Durian Ucok buka 24 jam setiap hari, tujuh hari dalam sepekan. Di sini, pengunjung bisa meminta durian sesuai rasa yang digemari, antara pahit dan manis.

“Dalam beberapa kasus orang tidak sehat (pengidap hipertensi), itu (buah durian) meningkatkan tekanan darah," kata Ahmad, saat ditemui Kompas.com di IPB, Selasa (18/2/2020).

Baca juga: Bolehkah Minum Obat Sebelum atau Sesudah Makan Durian?

Sesungguhnya kandungan kalium dari durian cukup tinggi sebenarnya. Semestinya kan dia menurunkan tekanan darah,” lanjutnya.

Halaman:
Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X