Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/06/2020, 10:25 WIB
Nabilla Ramadhian,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat musim durian tiba, pecinta durian biasanya memborong buah tersebut karena para pedagang cenderung menjualnya dengan harga murah.

Baca juga: Apakah Benar Durian Tidak Boleh Dicampur dengan Alkohol, Kopi, atau Soda?

Kendati demikian, ada mitos, mengonsumsi durian bisa sebabkan demam. Benarkah demikian?

"Tidak benar. Demam kan tanda tubuh ada infeksi. Baik itu infeksi dari bakteri , parasit, atau virus. Tapi kalau demam dari makanan itu tidak ada," kata Spesialis Gizi Klinik Rumah Sakit Pondok Indah dr Diana Suganda SpGK.

Kendati durian tidak menyebabkan demam, durian memang dapat meningkatkan suhu tubuh. Pasalnya durian mengandung beberapa gula sederhana yang sudah siap melalui proses metabolisme dalam tubuh.

Dalam artian, jika kamu merasa suhu tubuh meningkat saat makan durian, maka tubuh sedang melakukan proses metabolisme untuk memberi energi secara instan.

"Di lain pihak, juga ada tiamin (vitamin b1), juga ada vitamin b6 yang membantu mempercepat proses metabolisme,” kata tambah pakar gizi Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor Ahmad Sulaeman saat ditemui Kompas.com di IPB, Bogor, Selasa (18/2/2020).

Ilustrasi makan durian. Ilustrasi makan durian.

Proses metabolisme tubuh yang kian dipercepat oleh kandungan dalam durian itulah yang membuat tubuh bekerja secara maksimal, sehingga suhu tubuh dapat meningkat.

Pada proses metabolisme, terjadi proses pembakaran. Oleh karena itu, Ahmad mengatakan, para pecinta durian yang menganggap buah tersebut mampu membuat mereka demam masih salah kaprah.

Sebab, suhu tubuh yang naik adalah hal normal saat terjadi pembakaran.

"Kalau dari segi makanan, tidak ada makanan yang kandungan gizinya dapat menyebabkan demam," kata Ahmad.

Terkait mengonsumsi durian saat demam, Ahmad mengatakan, ia belum dapat memberikan jawaban yang pasti. Sebab hingga kini belum ada data penunjang dan penelitian lebih lanjut.

Selengkapnya mengenai durian bisa dibaca di VIK: Pesta Durian. Dalam VIK ini juga diulas mengenai tips, fakta dan mitos, hingga sejarah durian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com