Saus Steak, Apa Bedanya White Sauce, Brown Sauce, dan Hollandaise?

Kompas.com - 14/06/2020, 09:09 WIB
Ilustrasi daging steak dengan saus veloute ShutterstockIlustrasi daging steak dengan saus veloute


JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu pelengkap yang tepat saat makan steak adalah saus yang tak kalah lezat.

Menurut Executive Sous Chef Renaissance Bali Uluwatu Resort & Spa Wisnu Adiyatma, di dapur profesional restoran ada tiga saus yang biasa digunakan untuk steak yakni white sauce atau veloute, brown sauce, dan hollandaise sauce.

Baca juga: Resep 10 Saus Steak, Bisa Bikin Sendiri di Rumah

 

White sauce atau veloute, brown sauce, dan hollandaise sauce adalah saus dasar yang bisa dikembangkan jadi banyak jenis saus lain. Misalnya, brown sauce dicampur dengan jamur untuk jadi saus jamur.

“Pertama ada veloute, itu adalah white sauce yang berasal dari kaldu. Misalnya sausnya adalah beef veloute itu berasal dari kaldu sapi yang berwarna putih. Jadi dicampur dengan butter, tepung, itu yang namanya veloute,” jelas Wisnu pada Kompas.com, Sabtu (13/6/2020).

White sauce dibuat dari tulang hewan yang direbus dan dijadikan kaldu, karena proses perebusan ini maka warna saus pun jadi putih.

Brown sauce juga dibuat dari kaldu tulang hewan. Namun bedanya, tulang tersebut dipanggang terlebih dahulu sebelum dijadikan kaldu.

Ilustrasi steak dengan saus demi-glaceShutterstock Ilustrasi steak dengan saus demi-glace

“Jadi (tulangnya) dimasak agak sedikit gosong, dia memberikan rasa yang jauh lebih gurih dan warna jadi coklat,” papar Wisnu.

Tulang dipanggang kemudian dicampurkan dengan sayuran yang terdiri dari wortel, bawang bombai, batang seledri, dan sedikit pasta tomat. Lalu dipanggang sampai kecoklatan dan dibuat menjadi kaldu.

Nama dari white sauce maupun brown sauce akan menyesuaikan dengan jenis tulang hewan yang dipakai.

Jika kamu menggunakan tulang sapi untuk saus veloute, maka namanya adalah beef velout, sedangkan kalau pakai tulang ayam maka namanya adalah chicken veloute.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X