Kompas.com - 15/06/2020, 19:29 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com Durian dikenal sebagai raja dari buah-buahan. Bisa dibilang, durian mengandung komposisi gizi yang cukup lengkap.

Menurut Ahli Gizi Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor (FEMA IPB) Prof. Dr. Ir. Ahmad Sulaeman, MS, PhD, durian mengandung karbohidrat, lemak, protein, dan berbagai macam vitamin dan mineral.

Namun, kalori dan kandungan lemak dalam durian cukup tinggi.

“Seratus gram daging durian ini mengandung kalori sekitar 147 kkal, kemudian protein sekitar 1.5 gram," tutur Ahmad saat ditemui Kompas.com di IPB, Bogor, Selasa (18/2/2020).

"Kemudian lemak cukup tinggi. Sekitar 5,33 persen lebih kurang. Kemudian karbohidrat cukup tinggi sekitar 27 persen,” lanjutnya.

Baca juga: Apakah Benar Durian Tidak Boleh Dicampur dengan Alkohol, Kopi, atau Soda?

Ahmad mengatakan bahwa dua biji durian yang memiliki berat kurang lebih 54 gram bisa menyumbang sekitar 90 kkal.

Sementara itu, Spesialis Gizi Klinik Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI) dr. Diana Suganda Sp. GK saat ditemui Kompas.com di RSPI, Selasa (11/2/2020), mengatakan bahwa kalori juga tergantung dari jenis duriannya.

Namun jika dipukul rata tanpa melihat jenis durian, Diana menuturkan bahwa biji durian dengan berat 100 gram bisa memiliki 200–300 kkal.

“Tiga ratus kalori itu tinggi. Kebutuhan wanita itu cuma 1.500 kalori seharinya. Sementara pria Indonesia itu standarnya 1.700 kalori seharinya. Kalau kita makannya sampai satu buah, ya dikalikan saja berapa kalori yang didapat,” kata Diana.

Baca juga: Apakah Benar Makan Durian Bisa Bikin Demam?

Oleh karena itu, Diana dapat memastikan bahwa konsumsi buah durian yang berlebih dapat menyebabkan obesitas.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.