Bagaimana Perjalanan Cokelat dari Kebun hingga Jadi Makanan?

Kompas.com - 09/10/2020, 19:21 WIB
Ilustrasi cokelat shutterstockIlustrasi cokelat


KOMPAS.com – Satu batang cokelat yang biasanya kamu nikmati di rumah ternyata sudah menempuh perjalanan yang sangat panjang. Bagaimana proses perjalanannya?

Proses tersebut dijelaskan dalam sesi peluncuran virtual Pasuruan Cocoa Technical Center (PCTC) milik Mondelez International, Rabu (7/10/2020).

Mondelez International merupakan salah satu pembeli kakao terbesar di dunia lewat berbagai merek terkenal mereka seperti Cadbury Dairy Milk, Toblerone, dan Milka.

Baca juga: Pentingnya Pertanian Berkelanjutan dalam Industri Cokelat Dunia

1. Pohon kakao

Pertama, cokelat berasal dari pohon kakao yang ditanam para petani. Sebagian besar pohon kako dunia tumbuh di kawasan yang berada di garis 10 derajat Lintang Utara dan Lintang Selatan dengan iklim tropis.

Sekitar 90 persen biji kakao dunia dipanen melalui pertanian kecil yang dikelola secara pribadi dengan luas lahan kurang dari dua hektar. Rata-rata hasil panen hanya 600-800 kilogram per tahunnya.

Biji kakao sebenarnya berasal dari kawasan hutan Amazon. Namun sekitar 70 persen produksi kakao dunia dihasilkan di Afrika Barat.

2. Penumbuhan pohon kakao

Pohon kakao kemudian membutuhkan waktu sekitar empat tahun sejak awal tumbuh hingga bisa menghasilkan buah.

Namun jika dirawat dengan baik, maka pohon bisa terus menghasilkan buah secara rutin hingga 30 tahun ke depan.

Baca juga: Pusat Penelitian Kakao Global Dibuka di Pasuruan

Buah kakao bisa matang dan siap panen dalam kurun waktu 175 hari sejak dari bunga.

Dalam proses penumbuhan, para petani berusaha untuk melindungi pohon dari angin dan terik matahari.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X