Resep Fried Chicken Klasik, Ayam Goreng Renyah dari Amerika Serikat

Kompas.com - 28/09/2020, 13:24 WIB
Ilustrasi fried chicken atau ayam goreng tepung. Dok. Shutterstock/PhawatIlustrasi fried chicken atau ayam goreng tepung.

KOMPAS.com - Fried chicken atau ayam goreng tepung nan krispi  berasal dari Amerika Serikat. Kamu juga bisa membuat resep fried chicken klasik yang renyah dan juicy.

Adonan untuk membuat fried chicken ini dibagi menjadi dua. Pertama bahan pencelup dari susu dan telur, kemudian pencelup tepung berbumbu.

Potongan ayam yang dipakai bebas pilih mau yang bertulang atau tanpa tulang seperti fillet dada, hasilnya sama-sama enak.

Baca juga: Menu Sarapan ala Orang Korea, Coba 5 Resep Lauk Gampang Ini

Penyajiannya bisa disajikan dengan kentang goreng, perkedel kentang, sup dan nasi. Yuk coba bikin resep fried chicken klasik dari The Spruce Eats ini.

Resep fried chicken klasik:

Bahan:

  • 1 1/2 cup (375 ml) susu (lebih mantap pakai buttermilk)
  • 2 butir telur besar
  • 2 1/2 cup (280 gr) tepung serbaguna
  • 2 sendok makan garam (ditambah tambahan untuk taburan)
  • 2 sendok teh lada hitam
  • 4 pon (1,8 kg) potongan ayam
  • 3 cup (750 ml) minyak sayur

Cara membuat fried chicken klasik:

1. Campurkan susu dan telur dalam mangkuk. Kocok hingga rata.

2. Siapkan kantung plastik besar, bisa gunakan plastik zip lock besar atau wadah makan plastik bertutup . Di dalamnya campurkan tepung, dua sendok makan garam, dan merica. Segel dan kocok agar tercampur.

3. Celupkan potongan ayam ke dalam campuran susu dan telur kemudian angkat dan tiriskan. Sisihkan potongan yang sudah dicelupkan di atas piring sampai selesai tiga atau empat potong.

Baca juga: Resep Chicken Nanban, Ayam Goreng Jepang yang Banyak Dijual Jadi Ricebowl

4. Kemudian masukkan potongan ayam yang sudah dicelupkan itu ke dalam plastik yang telah diisi dengan tepung. Tutup dan kocok rata untuk melapisi potongan ayam secara menyeluruh.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X