Kompas.com - 28/09/2020, 08:08 WIB

KOMPAS.com - Leunca berbentuk bulat kecil dengan warna hijau mengilap. Sayur khas Sunda ini biasanya disantap dengan sambal dan pendamping lauk untuk lalapan.

Baca juga: Pencok Leunca, Sambal yang Dibuat Firhan di Final MasterChef Indonesia

Di mata masyarakat Sunda, leunca tak bisa lepas dari lalapan yang disajikan bersama sambal, lauk, dan nasi.

Siswanto, Sous Chef Hotel Santika Pasir Koja menjelaskan bahwa leunca sering digunakan dalam pelengkap lalapan dan makanan Sunda lainnya. Leunca merupakan lalapan yang populer di kawasan Jawa Barat.

“Leunca itu memang banyak sekali dijumpai di kawasan Jawa Barat, leunca bisa dimasak atau juga bisa dimakan sebagai lalapan. Kalau enggak dibikin ulekutek leunca oncom,” papar Siswanto kepada Kompas.com, Minggu (27/9/2020).

Ilustrasi leunca mentah, lalapan khas Sunda. SHUTTERSTOCK/EVRI ONEFIVE Ilustrasi leunca mentah, lalapan khas Sunda.

Leunca mentah sering disajikan sebagai lalapan karena rasanya tidak begitu pahit maupun terlalu getir di lidah. Masyarakat Jawa Barat sering menyantap leunca untuk cocolan sambal.

Leunca mempunyai rasa pahit. Namun pahitnya lebih soft dan tak terlalu menusuk di lidah, apabila dibandingkan dengan sayur pahit lain seperti pare.

Baca juga: Cara Kurangi Rasa Pahit Pare Sebelum Dimasak

Orang Sunda menganggap leunca sebagai lalapan yang dapat menambah nafsu makan.

Cita rasa leunca hampir menyerupai terong bulat tapi sedikit lebih kuat dan lebih pahit sedikit. Leunca biasa disantap dengan ikan asin goreng dan sambal lalu ayam goreng atau ikan goreng lainnya.

Cara mengolah leunca cukup mudah. Sayuran ini cukup dicuci, tak perlu dikupas.

Leunca bisa dimasak menjadi sajian khas Sunda seperti ulekutek leunca oncom, sambal leunca, tumis leunca teri, sayur bening leunca daun kelor, dan masih banyak lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.