Menu Sarapan ala Orang Korea, Coba 5 Resep Lauk Gampang Ini

Kompas.com - 27/09/2020, 08:08 WIB
Ilustrasi gyeran jjim, telur kukus ala Korea untuk sarapan. SHUTTERSTOCK/PAUL_BRIGHTONIlustrasi gyeran jjim, telur kukus ala Korea untuk sarapan.

KOMPAS.com - Menu sarapan orang Korea biasanya terdiri dari nasi putih panas, sop, dan banchan atau makanan pendamping. 

Bisa dibilang makanan pendamping ini lauk wajib bagi mereka. Biasanya sekali sarapan tersedia lebih dari 2 banchan. Terlebih apabila tinggal bersama keluarga.

Baca juga: Honbap, Tren Makan Sendirian ala Orang Korea

Rata-rata cara membuat banchan cukup sederhana, mulai dari telur kukus sampai bayam rebus.

Selain kimchi, yuk coba membuat 5 banchan atau lauk ala Korea berdasarkan The Spruce Eats.

1. Telur kukus (gyeran jjim)

Campurkan telur, air, garam, dan irisan daun bawang. Kocok sampai semua tercampur rata. Kamu bebas tambahkan bumbu atau sayuran lain dalam telur kocok.

Masukkan dalam wadah tahan panas. Kukus selama 10 menit atau microwave selama 4 menit.

2. Acar timun (oi jee)

Siapkan 4 timun Korea, 3 sdm gula, 1 sdm garam, dan 1/4 cup cuka.

Setelah semua bahan siap. Cuci dan potong timun. Tambahkan gula dan garam. Campur rata. Masukkan cuka, lalu aduk. Diamkan selama lebih kurang 20 menit. Sajikan.

3. Salad taoge (sukju namul)

Ilustrasi sukju namul atau salad taoge. Sukju namul adalah lauk pendamping khas Korea. SHUTTERSTOCK/SANDRASWC Ilustrasi sukju namul atau salad taoge. Sukju namul adalah lauk pendamping khas Korea.

Rebus taoge setengah matang. Tiriskan. Lalu campur dengan irisan daun bawang, irisan bawang putih, minyak wijen, kecap, dan biji wijen. Sookju namul siap disajikan.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X