Cara Kurangi Rasa Pahit Daun Pepaya, Perhatikan Proses Merebus

Kompas.com - 27/09/2020, 21:09 WIB
Masakan urap yang menggunakan daun pepaya dan singkong sebagai bahan dasar. KOMPAS/MOHAMMAD HILMI FAIQMasakan urap yang menggunakan daun pepaya dan singkong sebagai bahan dasar.

KOMPAS.com - Daun pepaya kerap diolah menjadi tumis atau direbus dan dimakan bareng sambal terasi.

Daun pepaya memiliki rasa pahit yang khas. Namun terdapat cara mengurangi rasa pahit daun pepaya.

Baca juga: Cara Kurangi Rasa Pahit Pare Sebelum Dimasak

Langkah awal, jangan remas daun pepaya terlalu keras. Pasalnya, apabila tulang daunnya patah akan mengeluarkan getah yang membuat daun pepaya terasa lebih pahit.

Menurut Siswanto, Sous Chef Hotel Santika Pasir Koja, cara ampuh dan aman untuk mengurangi pahit daun pepaya adalah direbus dalam waktu yang lama.

Ilustrasi buntil daun pepaya. SHUTTERSTOCK/MAHARANI AFIFAH Ilustrasi buntil daun pepaya.

“Pada intinya kalau daun pepaya pasti ada khas pahitnya. Pahitnya bisa diminimalis dengan cara direbus dengan lama, kurang lebih 3 kali proses perebusan,” jelas Siswanto kepada Kompas.com, Minggu (27/9/2020).

Proses memasak daun pepaya terbagi dalam 3 tahap. Pertama rebus selama 1 jam, kemudian buang air bekas rebusan. Lalu cuci daun pepaya dengan air dingin.

Rebus kembali selama 45 menit. Cuci lagi dengan air dingin yang mengalir.

Pada proses perebusan ketiga, daun pepaya direbus selama 30 menit. Jika sudah, daun pepaya siap dimasak sesuai selera.

Durasi merebus daun pepaya tergantung pada usianya, apakah muda atau tua. Daun pepaya tua memerlukan waktu perebusan lebih lama daripada daun pepaya muda.

“Kalau yang tua bisa direbus totalnya selama 1,5 jam lamanya,” jelas Siswanto.

Ilustrasi daun pepaya dan sayur rebus lain. SHUTTERSTOCK/MAHARANI AFIFAH Ilustrasi daun pepaya dan sayur rebus lain.

Beberapa orang mengurangi pahit daun pepaya dengan merebusnya bersama bahan makanan lain. Seperti daun singkong, asam Jawa, atau garam kasar.

Menanggapi hal tersebut, Chef Siswanto menyarankan untuk direbus biasa saja, tanpa campuran.

“Lebih baik tetap direbus lama saja, karena metode itu sudah sering dipakai di dunia kuliner industri jadi cara ini sudah bisa dijamin,” jelasnya.

Daun pepaya bisa dimasak menjadi oseng-oseng, gulai, atau buntil daun pepaya yang merupakan makanan khas Sunda.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X