15 Minuman Khas Indonesia yang Bikin Hangat Tubuh Saat Hujan

Kompas.com - 12/08/2020, 19:11 WIB
Ilustrasi wedang jahe, minuman tradisional khas Jawa. Terbuat dari jahe, sereh, cengkeh, dan gula batu. SHUTTERSTOCK/IKA HILALIlustrasi wedang jahe, minuman tradisional khas Jawa. Terbuat dari jahe, sereh, cengkeh, dan gula batu.

KOMPAS.com- Hujan lebat dan berangin mengguyur beberapa kota dan daerah di Indonesia. Saat hujan seperti ini lebih baik mengonsumsi makanan dan minuman yang hangat.

Kompas.com merangkum 15 minuman khas Indonesia yang dapat menghangatkan tubuh. Cocok diminum saat musim hujan dan iklim dingin, berikut rangkumannya:

1. Wedang jahe

Jahe memiliki cita rasa yang pedas saat diolah, rasa pedasnya berbeda dengan cabai dan lada. Pedas jahe lebih terasa menghangatkan dada.

Wedang jahe terbilag minuman yang mudah dibuat. Caranya buatnya tidak terlalu sulit. Pertama-tama jahe dicuci hingga bersih, lalu digeprek dan setelah itu dimasukan ke dalam air yang mendidih.

Baca juga: Cara Membuat Lemon Madu Hangat, Lancarkan Pencernaan Usai Makan Besar

Selanjutnya tambahkan gula sesuai selera. Gula yang digunakan bisa menggunakan gula pasir atau gula merah.

2. Wedang akar alang-alang

Alang-alang bisa menjadi wedang yang memiliki khasiat menjaga stamina serta mencegah penyakit flu.

Bahan yang perlu disiapkan yakni akar alang-alang, air dan gula secukupnya. Jika ingin merasakan manis yang legit, maka bisa menggunakan gula merah.

Baca juga: 6 Tempat Kuliner Murah di Kota Malang, Sajikan Makanan Hangat

Langkah pertama untuk menyajikan wedang akar alang-alang adalah cuci bersih akar alang-alang.

Setelah itu didihkan air, kemudian masukkan akar alang-alang, rebus dengan api kecil sekitar satu jam. Lalu tambahkan gula, jika suka manis. Terakhir saring dan sajikan panas-panas.

3. Bir Pletok

Ilustrasi bir pletok, wine tanpa alkohol khas Betawi. SHUTTERSTOCK/ARIYANI TEDJO Ilustrasi bir pletok, wine tanpa alkohol khas Betawi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X