Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

15 Minuman Khas Indonesia yang Bikin Hangat Tubuh Saat Hujan

KOMPAS.com- Hujan lebat dan berangin mengguyur beberapa kota dan daerah di Indonesia. Saat hujan seperti ini lebih baik mengonsumsi makanan dan minuman yang hangat.

Kompas.com merangkum 15 minuman khas Indonesia yang dapat menghangatkan tubuh. Cocok diminum saat musim hujan dan iklim dingin, berikut rangkumannya:

1. Wedang jahe

Jahe memiliki cita rasa yang pedas saat diolah, rasa pedasnya berbeda dengan cabai dan lada. Pedas jahe lebih terasa menghangatkan dada.

Wedang jahe terbilag minuman yang mudah dibuat. Caranya buatnya tidak terlalu sulit. Pertama-tama jahe dicuci hingga bersih, lalu digeprek dan setelah itu dimasukan ke dalam air yang mendidih.

Selanjutnya tambahkan gula sesuai selera. Gula yang digunakan bisa menggunakan gula pasir atau gula merah.

2. Wedang akar alang-alang

Alang-alang bisa menjadi wedang yang memiliki khasiat menjaga stamina serta mencegah penyakit flu.

Bahan yang perlu disiapkan yakni akar alang-alang, air dan gula secukupnya. Jika ingin merasakan manis yang legit, maka bisa menggunakan gula merah.

Langkah pertama untuk menyajikan wedang akar alang-alang adalah cuci bersih akar alang-alang.

Setelah itu didihkan air, kemudian masukkan akar alang-alang, rebus dengan api kecil sekitar satu jam. Lalu tambahkan gula, jika suka manis. Terakhir saring dan sajikan panas-panas.

Minuman khas Betawi ini juga bisa menambah tubuh terasa hangat di tengah cuaca yang dingin.

Bir pletok khas Betawi ini memiliki rasa yang manis, pedas dan hangat. Bahan-bahannya seperti jahe, biji pala, lada, kapulaga, sereh, kayu manis dan lain-lain.

Minuman ini memiliki rasa jahe yang pedas, ditambah dengan sedikit lada membuat tenggorokan semakin hangat. Selain itu, aroma bir pletok sangat harum, aroma sereh yang wangi sangat tercium kuat.

Bir pletok dapat ditambahkan daun pandan agar aromanya lebih wangi. Selain disajikan hangat, bir pletok juga nikmat disajikan dengan es batu.

4. Wedang Ronde

Wedang ini sering ditemukan di kawasan pegunungan tinggi untuk dijajakan.  Wedang ronde terdiri dari wedang jahe yang diberi isian ronde.

Ronde sendiri adalah kue berbentuk bulat terbuat dari beras ketan yang di dalamnya diberi remahan kacang tanah dan gula pasir. Wedang ronde memiliki rasa manis, pedas dari jahe, dan gurih dari kacang.

Kuah dari wedang ronde yang membuat sajian ini dapat menghangatkan tubuh. 

5. Bandrek

Bandrek cocok dihidangkan sebagai sajian ditengah cuaca dingin, di malam hari dan saat hujan.

Minuman yang berasal dari tanah Sunda, Jawa Barat ini terdiri dari berbagai bahan, seperti jahe merah, gula merah, sirih, kayu manis, cengkeh, sereh yang telah digeprek, dan daun pandan.

Kamu juga bisa menambahkan daging kelapa dan susu kental manis sebagai varias minuman bandrek.

Cara membuat bandrek pertama-tama didihkan air. Lalu masukkan jahe, gula jawa, kayu manis, cengkeh, sereh, dan daun pandan.

Selanjutnya aduk hingga mendidih, lalu angkat dan saring. Setelah itu kamu bisa tambahkan daging kelapa dan susu kental manis.

6. Teh tarik

Teh bisa disajikan saat cuaca dingin ataupun panas. Teh tarik yang hangat bisa kamu nikmati saat cuaca dingin dan saat hujan.

Teh tarik terkenal dari kawasan Melayu seperti Malaysia,Singapura, Aceh, dan Medan.

Campuran teh, susu, gula, creamer mungkin terdengar biasa. Nah, proses pengolahannya yang bisa dibilang unik, teh ini tidak diaduk namun ditarik.

Black tea bubuk diseduh dengan air panas, kemudian dicampur dengan susu, creamer dan gula cair secara berurutan.

7. Kopi tubruk

Menikmati kopi dengan cara tubruk atau menyeduh biji secara langsung merupakan cara yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia.

Kopi tubruk yang disajikan panas-panas juga bisa menjadi teman minummu saat cuaca dingin.

Selain terlihat mudah, cepat, juga tentunya praktis. Selain itu, metode kopi tubruk ini juga merupakan cara terbaik merasakan keaslian cita rasa kopi yang diseduh.

8. Susu jahe

Minuman ini jaminan dapat menghangatkan tubuh dan bisa mengenyangkan perut juga susu jahe bisa meningkatkan suhu dalam tubuh.

Cara membuatnya sangat mudah kamu hanya perlu menggeprek jahe, lalu rebus dengan air matang hingga mendidih dan tuangkan ke gelas.

Kemudian campurkan dengan susu kental manis.  Susu kentak manis bisa divariasikan dengan rasa coklat.

Saat musim hujan, kamu juga harus mengonsumsi makanan yang berprotein tinggi agar tidak mudah sakit atau lelah.

Wedang kacang dapat jadi salah satu pilihan. Minuman khas Magelang ini terdiri kacang tanah yang sudah dimasak hingga lembut, ketan putih, dan kuah santan manis.

Aroma pandan dan santan sangat kuat saat wedang disajikan. Kacang tanah sebagai bahan yang ditonjolkan dalam minuman ini memiliki rasa yang gurih.

Selain itu berpadu dengan rasa yang manis dari santan dan gula. Tekstur ketan putih yang empuk berbaur dengan pas dalam semangkuk wedang kacang.

10. Bubur kacang hijau

Masih seputar minuman berbahan dasar kacang.  Bubur kacang hijau juga makanan yang cocok untuk diminum di tengah musim hujan. 

Bubur kacang hijau memiliki rasa yang manis dari santan yang dicampur dengan gula dan daun pandan.

Rasa gurih dari kacang hijau juga berpadu dengan pas saat disantap. Kacang hijau memiliki kandungan protein yang tinggi dan bisa menambah stamina tubuh.

11. Wedang uwuh

Minuman satu ini memiliki nilai sejarah dan telah melegenda. Wedang uwuh memiliki arti sebagai wedang sampah.

Sebab dalam secangkir gelas wedang uwuh terdapat banyak sekali rempah dan kayu yang direbus menjadi satu kemudian langsung dihidangkan.

Meski terlihat kurang cantik, wedang uwuh memiliki banyak khasiat. 

Wedang uwuh memiliki warna merah yang cukup terang. Minuman yang dapat menghangatkan tubuh ini memiliki cita rasa manis dan pedas dengan aroma rempah yang kuat.

Wedang uwuh terdiri dari berbagai bahan seperti, jahe, cengkeh, kayu manis, biji pala, sereh, daun jeruk, gula batu, dan masih banyak lagi.

12. Teh jahe lemon

Minuman ini terdiri dari teh tubruk hitam, lemon dan jahe. Saat hendak membuat minuman ini kamu juga perlu mempersiapkan gula sebagai pemanis tambahan.

Cara membuatnya pertama, siapkan panci berisi air, panaskan air dan masukkan jahe. Kemudian masak di atas api kecil hingga harum, matikan api kompor.

Tambahkan teh tubruk, seduh sampai air berubah warna. Tambahkan irisan lemon dan diamkan 20 menit hingga sari lemonnya keluar.

Jika sudah 20 menit, keluarkan irisan lemon. Panaskan kembali air teh jahe. Teh Jahe siap disajikan. Tambahkan gula jika suka.

13. Sekoteng

Sekoteng merupakan minuman khas Jawa Tengah yang terdiri dari jahe, santan, gula, kacang hijau, bubur mutiara, potongan roti tawar, dan kacang tanah.

Saat menikmati sekoteng, kamu bisa menemukan banyak tekstur di dalamnya.

Ada tekstur kacang tanah goreng yang renyah, ditambah tekstur roti tawar yang lembut saat terkena santan, lalu tekstur yang kenyal dari bubur mutiara.

14. Golden Ginger Tea

Teh racikan satu ini terdiri dari garam bumbu dan rempah. Bukan hanya jahe Golden Ginger Tea juga terdiri dari kunyit.

Adanya empon-empon di dalamnya teh ini, membuatnya dapat menghangatkan tubuh, enak juga menyehatkan.

Bahan yang dibutuhkan dalam membuat Golden Ginger Tea adalah jahe digeprek, kunyit iris tipis, air, teh hijau, dan air jeruk lemon atau nipis.

15. Wedang serai

Serai atau lemongrass selain sebagai penyedap makanan juga bisa kamu olah menjadi wedang dan minuman hangat.

Serai mengandung zat antioksidan, antimikroba, hingga antiperadangan. Ketiganya bikin kamu tak gampang sakit.

Tak sulit membuat wedang serai. Cukup rebus air dengan beberapa batang serai atau taburkan 1-3 sendok teh serai bubuk. Kamu boleh memberikan sedikit madu agar rasa kian nikmat. 

https://www.kompas.com/food/read/2020/08/12/191100975/15-minuman-khas-indonesia-yang-bikin-hangat-tubuh-saat-hujan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke