William Wongso Jadi Trending Twitter Setelah Gordon Ramsay: Uncharted Tayang, Ada Apa?

Kompas.com - 30/06/2020, 15:13 WIB
Pakar kuliner William Wongso menjadi mentor masak rendang koki kenamaan dunia Gordon Ramsay. Dok. National GeographicPakar kuliner William Wongso menjadi mentor masak rendang koki kenamaan dunia Gordon Ramsay.

JAKARTA, KOMPAS.com - Nama William Wongso masuk sebagai Indonesia Trends atau trending twitter setelah Gordon Ramsay: Uncharted edisi Sumatera Barat tayang, Senin (29/6/2020).

Rupanya kehadiran pakar kuliner William Wongso sebagai mentor koki kenamaan dunia, Gordon Ramsay menjadi sorotan netizen.

Baca juga: Profil William Wongso, Diplomat Rendang yang Jadi Mentor Gordon Ramsay

Netizen terpecah menjadi dua. Ada yang mempertanyakan mengapa William yang bukan orang Minang dipilih oleh National Geographic menjadi mentor Ramsay membuat rendang.

Namun banyak pula yang memuji William karena memperkenalkan rendang dan Sumatera Barat lewat tayangan tersebut.

"Saya tidak tahu ahli rendang itu William Wongso. Di mana koki asli Sumatera Barat yang membuat rendang asli? Di mana orang Minang, yang asalnya rendnag? Siapa mereka? Tidak ada lagi koki dari Minang? Apa yang terjadi?" kata netizen dengan akun Toekang Siomay @MPribumi.

Baca juga: Perjalanan Gordon Ramsay Bikin Rendang, Blusukan ke Pasar sampai Masak Bareng William Wongso

"Bukan tidak hormat dengan William Wongso, tapi kalau Gordon Ramsay mau belajar masak rendang dengan benar, dia harusnya ke Etek tertua di kampung," tulis netizen @AmirahWahdi.

Netizen lain mendukung William Wongso sebagai mentor Gordon Ramsay. 

"Buat yg nyinyir, apa sih ruginya utk kalian Om Will tampil di Natgeo? Apa biasanya selama ini kalian peduli kuliner Indonesia? Atau baru skrg krn Om Will tandeman sama Gordon Ramsay? Tau gag food diplomacy yg dilakukan om Will selama ini?" tulis @LucyWiryono.

Baca juga: Gordon Ramsay Cicipi dan Bikin Kue Bika Khas Minang

"Aku perempuang Minang yang menjual rendang. Aku menerima William Wongso sebagai seorang yang berpengetahuan tentang makanan etnis aku. Aku harus mengakui kita tidak punya pakar kuliner Minang yang layak. Aku menghormatinya & berharap ini jadi tantangan orang-orangku untuk belajar lebih banyak tentang budaya kita," kata netizen @cold_sherry. 

Baca juga: Apa Itu Dadiah? Yoghurt Khas Sumatera Barat yang Dicari Gordon Ramsay

Dari perdebatan netizen di Twitter, ada juga netizen yang justru jadi ngidam makan rendang. @zaheyraw akhirnya jadi membungkus nasi padang lauk rendang. 

Twitt lain yang tak kalah unik adalah dari @tilehopper yang meminta netizen lain jangan fokus ke debat. Namun perhatikan cara masak tak biasa dari Gordon yakni membakar daging sebelum dirandang (masak rendang). 

Baca juga: Tim Gordon Ramsay: Uncharted Terkesima dengan Keramahan Orang Sumatera Barat

Program Gordon Ramsay: Uncharted Season 2 episode Sumatra's Stunning Highlands, syuting  di Sumatera Barat pada Januari 2020. 

Dalam episode ini koki kenamaan Inggris ditantang oleh pakar kuliner Indonesia, William Wongso untuk adu masak rendang untuk disajikan ke Gunernur Sumatera Barat Irwan Prayitno. 


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X