Rendang dan Pangkatnya yang Tinggi dalam Khazanah Kuliner Minang

Kompas.com - 30/06/2020, 10:17 WIB
Ilustrasi rendang daging sapi Padang. SHUTTERSTOCK/ISMED_PHOTOGRAPHY_S5Ilustrasi rendang daging sapi Padang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Rendang jadi makanan yang punya kedudukan tersendiri dalam khazanah kuliner Minangkabau atau Minang.

Rendang begitu istimewa, tak pernah absen dalam acara adat orang Minang. Makanan satu ini juga jadi simbol dedikasi dan kehormatan perempuan Minang.

"Boleh saja perempuan Minang jago memasak masakan apa pun, tetapi kalau tidak bisa memasak rendang yang enak, dia jadi bahan omongan,” kata Reno Andam Suri kepada Harian Kompas.

Ia adalah penulis dua buku tentang rendang yaitu Rendang: Minang Legacy to the World dan Rendang traveler: menyingkap bertuahnya rendang Minang.

Baca juga: Perjalanan Gordon Ramsay Bikin Rendang, Blusukan ke Pasar sampai Masak Bareng William Wongso

Proses membuat rendang tradisional membutuhkan waktu yang sangat lama, lebih kurang 24 jam.

Orang Minang dapat dengan mudah membedakan mana gulai, kalio, dan rendang yang dibedakan dari lama waktu memasak.

Oleh karena itu lama memasak rendang tak bisa ditawar. 

Dari berita Harian Kompas pada 2013, Puti Reno Raudhatuljannah Thaib, Ketua Umum Bundo Kanduang Sumbar yang juga ahli waris takhta Kerajaan Pagaruyung, dalam masyarakat Minang berbasis matrilineal (mengikuti garis ibu).

Rumah Gadang di Nagari Limo Kaum, Kecamatan Limo Kaum, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, Minggu (19/2/2012). Arsitektur bangunan rumah tradisional ini mengadaptasi arsitektur tahan gempa.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Rumah Gadang di Nagari Limo Kaum, Kecamatan Limo Kaum, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, Minggu (19/2/2012). Arsitektur bangunan rumah tradisional ini mengadaptasi arsitektur tahan gempa.

Kepandaian memasak merupakan bagian penting buat perempuan yang ditempatkan sebagai bundo kanduang penguasa rumah gadang.

Betapa tidak, semua perhelatan adat yang diikuti acara makan besar berlangsung di rumah gadang.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X