Menteri UMKM Ajak Pengusaha Kuliner Bertahan dan Lihat Peluang pada Masa Pandemi

Kompas.com - 30/06/2020, 11:03 WIB
Penerapan protokol kesehatan di The Atjeh Connection Resto and Coffee Bendungan Hilir, Jakarta, Kamis (18/6/2020). Untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 restoran di Jakarta yang membuka layanan makan di tempat harus menerapkan protokol kesehatan. KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOPenerapan protokol kesehatan di The Atjeh Connection Resto and Coffee Bendungan Hilir, Jakarta, Kamis (18/6/2020). Untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 restoran di Jakarta yang membuka layanan makan di tempat harus menerapkan protokol kesehatan.

JAKARTA, KOMPAS.com  - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) Teten Masduki memberi pesan kepada pengusaha kuliner di Indonesia agar bisa melihat peluang pada masa pandemi ini dan bertahan menjalankan bisnisnya.

Pesan ini disampaikan melalui dialog webinar bertajuk "Resep UMKM Kuliner Bangkit Bersama GoFood" pada Senin (29/6/2020).

Dalam acara tersebut, Teten memaparkan bahwa lebih dari 236.980 pelaku UMKM melaporkan kepada Kemenkop UKM mengenai usaha mereka yang terdampak pandemi. 

"Kita akan menghadapi habit baru, terutama dari konsumen yang mengutamakan makanan yang bersih karena itu packaging jadi sangat penting dan pengelolaan harus sangat higienis," jelasnya Teten.

Baca juga: Panduan Makan di Restoran pada Era New Normal

Selain itu, para pelaku usaha UMKM diharap melakukan inovasi produk, yang menjawab kebutuhan konsumen di masa pandemi. 

Teten Masduki juga menyarankan jika pelaku UMKM kuliner diharap agar segara go online.

"Baru 13 persen UMKM yang go online, 87 persen sisa UMKM belum go online," paparnya

Teten menyebutkan, digitalisasi merupakan salah satu solusi dari permasalahan yang dihadapi pelaku UMKM saat ini.

Oleh karena itu, dibutuhkan kolaborasi kuat antara pemerintah dan platform digital untuk membangkitkan kembali UMKM sektor makanan dan minuman di Indonesia.

Teten juga menyampaikan, pemerintah menyiapkan skema pemulihan ekonomi nasional, termasuk di dalamnya untuk pelaku UMKM.

Baca juga: Apa Itu Cloud Kitchen, Konsep Bisnis Kuliner yang Marak Saat Pandemi

Paket kiriman dari Dragon Hot Pot Indonesia. Kompas.com/Silvita Agmasari Paket kiriman dari Dragon Hot Pot Indonesia.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X