Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesan Gordon Ramsay Syuting di Sumatera Barat: Menakjubkan dan Sedikit Berbahaya

Kompas.com - 30/06/2020, 12:17 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

Sumber


JAKARTA, KOMPAS.com – Koki kenamaan dunia Gordon Ramsay menjalani syuting untuk acara Gordon Ramsay: Uncharted Season 2 episode Sumatra's Stunning Highlands di Sumatera Barat, Januari 2020 lalu.

Seperti dilansir dari The Jakarta Post, saat itu Gordon Ramsay sedang menjalani adu memasak bersama pakar kuliner Indonesia, William Wongso.

Keduanya membuat rendang dan beberapa hidangan khas Minang lainnya untuk kemudian disajikan dan dinilai oleh Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno.

Chef dengan bintang Michelin berusia 52 tahun ini berusaha membuat dan menyajikan rendang sapi khas Minang, terung balado, dan ikan goreng dengan saus rendang.

Baca juga: Perjalanan Gordon Ramsay Bikin Rendang, Blusukan ke Pasar sampai Masak Bareng William Wongso

Ia juga menyajikan makanan penutup berupa dadiah yang disajikan bersama ketan dan durian utuh.

“Kuliner Indonesia seringkali sulit diterjemahkan dan mereka tertutupi dengan pemandangan Indonesia yang menakjubkan," jelas Ramsay pada The Jakarta Post.

Ramsay kagum akan banyaknya variasi rendang dan bagaimana semua varian tersebut dapat berkumpul menjadi satu. 

"Kami tidak punya hidangan seperti itu di Inggris. Kami punya Lancashire hotpot di utara, tapi kami tidak punya 20 versi berbeda,” lanjut Ramsay.  

“Dan hal baik tentang esensi makanan di sini adalah kelestariannya. Orang lokal membeli bahan masakan segar setiap hari. Terakhir kali saya mengalami hal semenarik itu adalah ketika saya di Vietnam,” jelasnya.

Upacara penyambutan Gordon Ramsay di Tanah Datar, Sumatera Barat. Dok. William Wongso Upacara penyambutan Gordon Ramsay di Tanah Datar, Sumatera Barat.

Dalam petualangannya di Sumatera Barat yang tayang pada Senin (29/6/2020), Ramsay sempat memerah susu kerbau yang berakhir dengan dirinya terkena kotoran kerbau.

Ia juga sempat mencoba pacu jawi, sejenis balapan sapi jantan tradisional Minang di sebuah sawah penuh lumpur.

Ia bekerja sebagai pekerja kapal di laut terbuka dan mengeksplor goa penuh kelelawar demi mencari udang raksasa.

Baca juga: Gordon Ramsay: Uncharted Sumatera Barat Besok Tayang, Ini Cerita di Balik Layar

“Satu minggu yang menakjubkan di sini. Sedikit berbahaya, berusaha untuk menunggangi sapi jantan tersebut sangat sulit. Memerah kerbau pagi ini untuk yoghurt (dadiah) juga sangat sulit," cerita Ramsay.

"Selain itu berpetualang dengan orang-orang lokal dan memancing dengan jaring yang luar biasa itu; aku pikir perahu itu benar-benar lebih tua dariku, dibangun pada 1940-an,” kata Ramsay sambil tertawa.

Pertama kali mengunjungi Indonesia, ia mendeskripsikan negara ini dengan “menakjubkan” dan “sangat indah”, walaupun ia mengungkapkan jalanannya bisa “sedikit gila”.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com