Dipercaya sebagai "Nenek Moyang" Garlic Bread, Apa Itu Bruschetta?

Kompas.com - 29/06/2020, 16:26 WIB
Ilustrasi bruschetta khas Italia. Bruschetta konon awal mula dari garlic bread ala Amerika. SHUTTERSTOCK/ILDI PAPPIlustrasi bruschetta khas Italia. Bruschetta konon awal mula dari garlic bread ala Amerika.

KOMPAS.com - Piza dan ragam pasta, dua kuliner Italia yang cukup familier di Indonesia. Selain itu, Italia juga penghasil aneka hidangan berbahan dasar roti seperti bruschetta.

Bruschetta berasal dari kata Bahasa Italia bruscarea yang berarti "dipanggang di atas batu arang".

Bentuk paling dasar dari sajian ini adalah potongan roti panggang dengan topping campuran bawang, basil, minyak zaitun, dan garam. Disebut juga fett’unta atau panunta yang berarti roti berminyak.

Roti ini konon merupakan "nenek moyang"  garlic bread, menurut The Spruce Eats, dibawa oleh orang Italia yang pindah ke Amerika Serikat.

Baca juga: Resep Cream Cheese Garlic Bread, Street Food Korea yang Naik Daun

Ilustrasi bruschetta khas Italia dengan topping tomat segar. Bruschetta konon awal mula dari garlic bread ala Amerika. SHUTTERSTOCK/ANNA SHEPULOVA Ilustrasi bruschetta khas Italia dengan topping tomat segar. Bruschetta konon awal mula dari garlic bread ala Amerika.

Melansir The Daily Meal, bruschetta di Tuscany menggunakan minyak zaitun berkualitas tinggi mengingat makanan ini disajikan pada perayaan panen zaitun di Tuscany, salah satu wilayah di Italia tengah.

Tak hanya bawang, bruschetta punya macam-macam topping khas daerah di Italia.

Hati ayam atau kale dapat ditemukan pada bruschetta di Tuscany. Daerah lain juga pakai tomat segar.

Sementara itu, bruschetta ditambah salami daging babi ada di Abruzzo, seperti tertera pada The International Kitchen.

Baca juga: Menikmati Jus Kale dan Daging Analog di Kebun Sayur Banyuwangi

Ilustrasi bruschetta khas Italia. Bruschetta konon awal mula dari garlic bread ala Amerika. SHUTTERSTOCK/KUCHER AV Ilustrasi bruschetta khas Italia. Bruschetta konon awal mula dari garlic bread ala Amerika.

Awalnya dibuat dari roti lawas

Konon, bruschetta telah ada sejak era Etruskan atau Romawi Kuno. Selama berabad-abad, roti ini menjadi makanan para petani dan buruh baik sebagai menu utama maupun camilan.

Terbuat dari roti yang sudah tidak fresh alias berumur beberapa hari, bruschetta jadi cara untuk memanfaatkan roti hampir basi.

Keistimewaan bruschetta justru terletak pada kesederhanaannya. Buatlah roti ini dari bahan berkualitas baik, mulai dari roti sampai minyak zaitun.

Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X