Gordon Ramsay Cicipi dan Bikin Kue Bika Khas Minang

Kompas.com - 29/06/2020, 12:55 WIB
Kue bika, Bika Talago, Koto Baru, Tanah Datar, Sumatera Barat. KOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYAKue bika, Bika Talago, Koto Baru, Tanah Datar, Sumatera Barat.


JAKARTA, KOMPAS.com – Dalam acara Gordon Ramsay: Uncharted episode Sumatera Barat, chef kenamaan dunia asal Inggris Gordon Ramsay melipir ke kios kecil yang menjual kue bika khas Minang, Bika Talago di Koto Baru, Tanah Datar.

Baca juga: Profil Gordon Ramsay, Koki Selebriti yang Belajar Masak Rendang di Sumbar

Dalam kunjungannya, Gordon Ramsay yang didampingi food writer Ade Putri, mencicipi kue bika yang punya sebutan unik yakni kue neraka rasa surga.

“Penamaan itu datang dari pengunjung yang melihat proses pembuatan dan mencicipi kue bika,” kata pemandu wisata sekaligus Ketua Dewan Kode Etik Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Sumatera Barat Soni Erizon kepada Kompas.com, Jumat (29/11/2019).

Kedai Bika Talago, Koto Baru, Tanah Datar, Sumatera Barat.KOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYA Kedai Bika Talago, Koto Baru, Tanah Datar, Sumatera Barat.

Pembuatan camilan khas Minang ini cukup unik. Adonan yang dibuat dari campuran tepung beras, air kelapa, dan gula pasir dimasak dalam kuali tanah liat dan dibakar dengan kayu bakar dari cinnamon wood.

Dalam kunjungannya, Gordon Ramsay juga mencoba untuk membuat kue bika tersebut. Setelah diberi contoh, ia pun mencetak kue bika dengan menggunakan sendok.

Terlihat dalam kuali ada beberapa daun pisang yang akan jadi alas adonan. Daun pisang ditata melingkari kuali.

Ternyata, Gordon terlihat kesulitan dalam memasak kue bika. Kue bika yang ia cetak terlihat berantakan.

Proses pembuatan kue bika, Bika Talago, Tanah Datar, Sumatera Barat.KOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYA Proses pembuatan kue bika, Bika Talago, Tanah Datar, Sumatera Barat.

Setelah itu, kuali berisi kue bika ditutup dengan kuali tempat kayu bakar dengan api yang berkobar.

Kuali dengan kayu bakar tersebut yang akan mematangkan kue bika. Hal itulah yang memicu penamaan “neraka” untuk kue bika ini.

Sementara itu penyebutan “surga” berasal dari rasa kue bika. Kue bika yang baru matang punya rasa yang memanjakan lidah.

Rasa kelapa akan terasa dengan campuran rasa manis gula pasir. Sementara tepung beas membuat kue terasa sedikit mengenyangkan jika makan lebih dari satu.

Jika ingin rasa lain, pengunjung juga bisa memilih kue bika dengan rasa pisang. Pilihan rasa ini memberikan sensasi dan warna yang berbeda pada kue bika.

Kedai Bika Talago yang dikunjungi Gordon Ramsay ini jadi salah satu yang tersohor dan terletak di sekitar Jalan Raya Padang-Bukittinggi, Koto Baru, Tanah Datar.


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X