Kompas.com - 25/06/2021, 16:49 WIB
Ilustrasi wisuda KOMPAS.COM/ShutterstockIlustrasi wisuda

KOMPAS.com - Penerimaan mahasiswa baru di sejumlah perguruan tinggi tengah berlangsung, sudahkah kamu resmi menjadi mahasiswa Indonesia di tahun ajaran 2021-2022?

Bagi para mahasiswa baru, peran dan fungsi mahasiswa tak hanya belajar dan sukses kuliah. Sebagai kaum muda intelektual, mahasiswa didorong agar tak hanya berguna bagi diri sendiri, namun juga mampu menjadi sosok yang berguna bagi masyarakat, bangsa dan negara.

Merangkum laman LP3i, peran sebagai agen perubahan itu tak hanya dalam sosial politik. Banyak juga mahasiswa yang bergerak sebagai penggerak ekonomi.

Berikut 5 peran dan fungsi mahasiswa yang harus diketahui mahasiswa baru:

Baca juga: Kampus Mengajar Angkatan 2 Dibuka, Mahasiswa Dapat 20 SKS hingga Insentif

1. Sebagai agen perubahan

Sebagai agent of change (agen perubahan), mahasiswa merupakan penggerak perubahan ke arah yang lebih baik. Melalui pengetahuan, ide, dan keterampilan yang dimilikinya, mahasiswa bisa menjadi lokomotif kemajuan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Banyak contoh peran mahasiswa sebagai agent of change, salah satunya ketika orde baru tumbang di tahun 1998 lalu, gerakan tersebut dimotori mahasiswa.

Mahasiswa sadar ada hal yang tidak benar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sehingga kemudian melakukan gerakan yang menuntut perubahan. Dengan dukungan masyarakat, gerakan tersebut akhirnya berhasil dan melahirkan orde reformasi.

Peran sebagai agen perubahan itu tak hanya dalam sosial politik. banyak juga mahasiswa yang bergerak sebagai penggerak ekonomi sekitar misalnya dengan memproduksi sebuah produk dan akhirnya bisa menyerap banyak tenaga kerja.

Kata kunci dari agent of change adalah adanya tekad untuk bergerak menjadi lebih baik. Hal inilah yang seharusnya ditanamkan pada jiwa mahasiswa baru ketika mulai berkuliah. Percayalah, yang abadi hanyalah perubahan, dan mahasiswa merupakan penggeraknya.

Baca juga: Kisah Sukses Gibran Budidaya Lele hingga Bangun Fishtech Terbesar Dunia

2. Kekuatan moral

Mahasiswa juga dikenal sebagai kekuatan penjaga moral (moral force). Peran mahasiswa dalam masyarakat ini begitu penting untuk menjaga nilai-nilai baik dalam masyarakat.

Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X