Kompas.com - 25/06/2021, 16:27 WIB
Siswa SMAN 1 Godean Sleman DIY saat ikut kegiatan penanaman pohon dan sayuran di sekolah. DOK.SMAN 1 Godean Sleman DIYSiswa SMAN 1 Godean Sleman DIY saat ikut kegiatan penanaman pohon dan sayuran di sekolah.
|

KOMPAS.com - Sejak 2018, SMAN 1 Godean Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mulai menjalankan program Sekolah Adiwiyata.

Bahkan meski dalam masa pandemi Covid-19, program adiwiyata di sekolah tersebut tetap berjalan. Tujuannya tak lain demi menjadi sekolah adiwiyata tingkat nasional.

Tujuan lain yang tak kalah penting ialah menjadikan adiwiyata ini sebagai wadah meningkatkan pendidikan karakter siswa.

Baca juga: Yuk Tengok Program Adiwiyata SMAN 1 Godean DIY di Tengah Pandemi

Hal itu diungkapkan Kepala SMAN 1 Godean Sleman DIY, Dra. Anies Rachmania Sri Secondaria, M.Pd., kepada Kompas.com, Jumat (25/6/2021).

Menurutnya, Sekolah Adiwiyata ini adalah program yang dicanangkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bersama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

"Jadi, sasaran dari program ini tidak sekedar bersih-bersih sampah saja. Melainkan bagaimana membiasakan semua warga sekolah khususnya peserta didik agar lebih peka dan peduli terhadap lingkungan sekitarnya," terang Anies.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Upaya sekolah

Namun, bagaimana caranya mencapai tujuan tersebut? Anies menjelaskan ada beberapa upaya yang dilakukan bersama guru dan siswanya.

Salah satunya mengenai pengelolaan sampah. Pihaknya masih mengajak siswa untuk terbiasa memilah sampah menjadi tiga bagian, yakni:

  • plastik
  • kertas
  • daun

Dijelaskan, dimasa pandemi ini masih ada beberapa siswanya yang datang ke sekolah untuk melakukan kegiatan, tentu dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Siswa yang berada di sekolah dan membawa makanan, maka sampahnya tetap harus dipilah dengan benar. Sebab, sampah-sampah itu akan dikumpulkan di bank sampah dan ditimbang secara terpilah untuk sampah plastik dan kertas.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X