Kompas.com - 22/06/2021, 16:15 WIB
Program Kampus Mengajar 2021 KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoProgram Kampus Mengajar 2021

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) menggelar peluncuran “Menuju Festival Kampus Merdeka: Kampus Mengajar Angkatan 2 Tahun 2021” melalui kanal YouTube resmi Kemendikbud Ristek RI secara daring, pekan lalu.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Nadiem Anwar Makarim dalam sambutan mengatakan sebanyak 14 ribu mahasiswa dari berbagai kampus telah menjawab panggilan negeri melalui Kampus Mengajar angkatan 1.

"Mereka berkontribusi ilmu, kreativitas, dan energi untuk membantu pelajaran adik-adik kita di jenjang sekolah dasar," papar Nadiem seperti dirangkum dari laman Ditjen Dikti Kemendikbud Ristek.

Nadiem mengatakan, selama 18 tahun terakhir, Indonesia berada di peringkat bawah untuk nilai kemampuan literasi dan numerasi. Oleh karena itu, mahasiswa diundang terlibat dalam Kampus Mengajar Angkatan Kedua yang dirancang untuk membantu pelajar SD dan SMP.

Baca juga: Toyota Indonesia Buka Lowongan Kerja Magang Full Time 2021

"Tugas kita meningkatkan kompetensi dan membangun karakter pelajar ke depan semakin menantang. Tidak mudah, tetapi kita tidak boleh menyerah. Harapan harus terus menyala untuk mengatasi tantangan yang dihadapi bangsa kita,” jelas Nadiem.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kampus Mengajar angkatan 2, lanjut Nadiem, akan dilaksanakan bersamaan dengan dimulainya PTM Terbatas.

Sehingga, saya berharap teman-teman mahasiswa peserta program ini bisa membantu memastikan PTM terbatas berjalan sesuai dengan panduan yang Kemendikbud Ristek sediakan,” imbau Nadiem.

Ragam kegiatan dan manfaat ikut Kampus Mengajar

"Teman-teman mahasiswa, saya mencari pemuda-pemudi yang tidak hanya berprestasi, tapi juga ingin berkontribusi. Tidak hanya yang ingin berkembang, tetapi yang memiliki daya juang. Tidak hanya yang mampu, tetapi juga yang mau,” tutur Nadiem.

Baca juga: 5 Podcast Inspiratif bagi Mahasiswa, dari Kuliah hingga Kesehatan Mental

Ketua Sub-Pokja Kampus Mengajar, Ditjen Dikti, Wagiran mengatakan, Kemendikbud Ristek akan menempatkan 17 ribu mahasiswa di 3.400 SD dan tiga ribu mahasiswa di 375 SMP di seluruh Indonesia.

Dijelaskan Wagiran, terdapat tiga hal utama yang akan dilakukan mahasiswa pada Program Kampus Mengajar.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X