Kompas.com - 21/06/2021, 16:30 WIB
Ilustrasi podcast (siniar). ShutterstockIlustrasi podcast (siniar).

KOMPAS.com - Dunia kuliah isinya tak melulu mengerjakan tugas. Ada banyak hal tentang kehidupan yang bisa kamu pelajari untuk tumbuh menjadi pribadi yang lebih matang seraya menyongsong masa depan.

Merangkum platform edukasi Zenius Education, beberapa tahun belakangan, cukup banyak content creator inspiratif yang merambah ke dunia podcast. Bisa dengan mudah kamu akses gratis melalui platform musik seperti Spotify.

Berikut ini 5 rekomendasi podcast yang wajib didengarkan untuk membantu kamu mengembangkan diri:

Baca juga: Toyota Indonesia Buka Lowongan Kerja Magang Full Time 2021

1. Podcast Subjective

Di sini kamu bisa belajar banyak soal self-development. Tentang bagaimana memelihara emosi dan mengenal diri sendiri atau cari tahu soal kesempatan berkarya di dunia digital.

Iqbal Hariadi, host Podcast Subjective juga sering mengundang anak-anak muda dengan ide hingga aksi keren untuk sharing banyak hal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. So Mad about Life

Sebagian dari kamu bisa jadi kenal Alvi dan Ardhi dari buku dan tulisan-tulisan mereka. Keduanya memang aktif membahas isu-isu insecurity, depresi, self-love dan sebagainya.

Nah, buat yang ingin mencoba platform berbeda, kamu bisa mendengarkan keduanya ngobrol soal hal-hal yang berkaitan dengan psikologi di sini!

Baca juga: Dicari, 20.000 Mahasiswa untuk Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2021

3. Randy & Gustika are: Unqualified

Seperti ngobrol bareng teman, Randy dan Gustika memiliki topik beragam seputar pertemanan, ekspektasi dan realita dunia kuliah, lingkungan, bahkan sampai mitos, takhayul dan hal-hal klenik.

Cocok untuk mengusir bosan si tengah perkuliahan daring yang masih harus dijalani di tengah pandemi.

4. Podcast Bebas Aktif

Podcast ini akan membawa kamu lebih memahami isu-isu politik, cocok bagi kamu yang memang kuliah di jurusan Hubungan Internasional atau menyukai dunia politik.

Topik podcast kebanyakan berisi seputar isu diplomasi dan politik global. Dikemas dengan bahasa sehari-hari, sehingga sangat mudah dipahami.

Baca juga: BCA Buka Lowongan Magang Bakti 1 Tahun untuk Lulusan D3-S1

5. Tiny leaps, big changes

Topik podcast yang satu ini tidak jauh berbeda dari sebelumnya, namun menggunakan bahasa Inggris yang sekaligus bisa menjadi bahan latihan listening kamu.

Isu yang dibahas seputar self-development dan mental health namun bisa dibilang sangat informatif. Karena Gregg sang host, sering mengundang para ahli di bidangnya untuk memberikan tips yang aplikatif.



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X