Kompas.com - 08/03/2021, 07:41 WIB
|

KOMPAS.com - Salah satu hal yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh adalah tidur dengan cukup. Namun bagi beberapa orang, ada yang mengalami gangguan tidur atau sulit tidur.

Kondisi ini biasa disebut dengan insomnia. Insomnia adalah gangguan tidur yang menyebabkan penderitanya sulit tidur, atau tidak cukup tidur.

Padahal terdapat cukup waktu untuk melakukannya. Gangguan ini menyebabkan kondisi penderita tidak prima untuk melakukan aktivitas keesokan harinya.

Dari permasalahan pribadi yang dialami mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Maulana Rafsanjani Miftah memberinya ide melakukan inovasi untuk mengatasi insomnia.

Lakukan penelitian dengan buah kiwi

Maulana mengaku, ia seringkali kesulitan tidur, padahal ia begitu lelah. Maulana kemudian melakukan penelitian mengenai cara pengobatan insomnia melalui buah kiwi.

Menurut Maul, ide ini tidak sengaja ditemukan ketika sedang asik berselancar di internet. Ia menemukan beberapa artikel ilmiah mengenai cara pengobatan dan penyembuhannya.

"Kemudian saya baru tahu dan penasaran bagaimana buah kiwi dapat membantu menyembuhkan insomnia. Sayangnya, di Indonesia sendiri belum ada penelitian yang membahas tentang hal ini," kata Maul seperti dikutip dari laman umm.ac.id, Minggu (7/3/2021).

Baca juga: Pola Hidup Sehat dengan Permainan Ular Tangga ala Mahasiswa UAD

Mahasiswa Jurusan Kedokteran ini lantas mengajak dua temannya Nabila Mufti Karis dan Chandra Ayu Kumala Sari untuk meneliti manfaat buah kiwi. Mereka mengikutsertakan ide ini dalam Program Kreativitas Mahasiswa – Penelitian (PKM-PE).

Dari penelitian yang telah dilakukan Maul dan tim, diketahui bahwa mengonsumsi dua buah kiwi sebelum tidur menghasilkan peningkatan yang signifikan pada jumlah waktu tidur seseorang.

Kandungan dalam buah kiwi

Dampak positif ini terjadi karena kandungan buah kiwi yang sangat bagus. Antara lain:

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.