Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Jalur Mandiri UIN Jakarta 2024 Dibuka, Segera Cek

Kompas.com - 10/05/2024, 18:12 WIB
Sania Mashabi,
Mahar Prastiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta membuka pendaftaran mahasiswa baru tahun akademik 2024/2025 melalui jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Mandiri non-Reguler.

Wakil Rektor Bidang Akademik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Prof. Ahmad Tholabi Kharlie mengatakan, UIN Syarif Hidayatullah menyediakan enam jalur seleksi mandiri.

"Alhamdulillah. Sesuai jadwal penerimaan yang telah ditetapkan, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Senin 6 Mei 2024, membuka pendaftaran masuk jalur SPMB Mandiri Non-Reguler," kata Prof. Ahmad dikutip dari laman resmi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Rabu (9/5/2024).

Berikut enam jalur SPMB UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2024:

Baca juga: Biaya Uang Pangkal Jalur Mandiri ITB 2024, Bisa Dicicil Per Semester

6 jalur mandiri UIN Jakarta 2024

1. Jalur prestasi

Jalur prestasi di UIN Syarif Hidayatullah merupakan seleksi yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang memiliki prestasi di tingkat nasional maupun Internasional.

Prestasi itu baik di bidang akademik seperti olimpiade sains, penulisan karya tulis ilmiah, Qiraatul Kutub dan lain-lain. Sementara prestasi non akademik antara lain olahraga, seni, dan tahfidz Alquran minimal 15 juz.

2. Talent scouting

Talent scouting merupakan jalur seleksi yang diselenggarakan secara terbatas pada sekolah yang telah memiliki Nota Kesepahaman (MoU) dengan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Proses seleksi pola ini dilakukan dengan penilaian terhadap evaluasi nilai rapor kelas 10 semester 1 sampai dengan kelas 12 semester 5. Kemudian bukti prestasi melalui piagam atau sertifikat, dan hasil wawancara oleh tim fakultas.

3. Seleksi pemerataan kesempatan belajar

Seleksi pemerataan kesempatan belajar adalah jenis seleksi yang ditawarkan di jalur SPMB Mandiri Non-Reguler untuk memberi kesempatan belajar di UIN Jakarta bagi para calon mahasiswa dari wilayah Tertinggal, Terluar dan Terdepan (3T) berdasarkan Perpres Nomor 63 Tahun 2020 tentang Penetapan Daerah Tertinggal 2020-2024.

Proses seleksi pemerataan kesempatan belajar dilakukan dengan penilaian terhadap bukti domisili sesuai wilayah 3T dengan dibuktikan oleh KTP dan Kartu Keluarga dari wilayah domisili), evaluasi nilai rapor kelas 10 semester 1 sampai dengan kelas 12 semester 5, dan hasil wawancara oleh tim fakultas.

Baca juga: Jadwal Seleksi Mandiri Unpad 2024, Calon Mahasiswa Segera Cek

4. Seleksi berdasarkan uasil nilai UTBK-SNBT dan UM-PTKIN

Seleksi ini merupakan penerimaan mahasiswa baru dengan menggunakan hasil nilai UTBK SNBT atau UM-PTKIN tahun 2024.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com