Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/03/2021, 14:33 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Pertamina (UP) kembali membuka pendaftaran mahasiswa baru TA 2021/2022 melalui jalur seleksi nilai rapor atau tanpa tes periode ke-3 sampai 21 Maret mendatang.

Dilansir dari laman resmi universitaspertamina.ac.id, kampus yang dikelola oleh Pertamina Foundation, kembali membuka pendaftaran mahasiswa baru bagi siswa SMA/SMK/MA/Sederajat melalui jalur tanpa tes yakni dengan Seleksi Nilai Rapor.

Seleksi nilai rapor ini telah membuka pendaftaran sejak 17 Februari sampai 21 Maret. Sedangkan pengisian data diri dibuka sejak 17 Februari sampai 22 Maret 2021.

Baca juga: Calon Mahasiswa Penghafal Quran, Ada Golden Ticket Masuk Unair

Biaya Pendaftarannya dibagi dalam dua kelompok. Kelompok IPA/IPS, pendaftarannya sebesar Rp 150.000 dan Kelompok IPC atau campuran sebesar Rp 200.000.

Pendaftarannya dilakukan secara online dan para peserta seleksi bisa berkesempatan memilih 4 pilihan program studi. Untuk pendaftarannya, calon mahasiswa bisa mengklik link pendaftaran seleksi mahasiswa baru Universitas Pertamina yakni https://pendaftaran.universitaspertamina.ac.id/

Persyaratan

Sebelum mendaftar, pastikan mengetahui rincian persyaratan yang dibutuhkan. Berikut adalah persyaratan dan ketentuan seleksi nilai rapor di Universitas Pertamina:

1. Persyaratan peserta adalah siswa SMA/sederajat lulusan tahun 2020 dan 2021, serta memiliki nilai rapor semester 1-5.

2. Peserta tidak menderita buta warna untuk beberapa program studi yang mempersyaratkan bebas buta warna.

3. Pada seleksi jalur ini, peserta cukup menginput nilai rapor dan mengunggah scan dokumen nilai rapor semester 1-5 pada saat pengisian data diri sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

4. Pengisian data diri untuk peserta Seleksi Nilai Rapor Periode 2 dapat dilakukan pada 17 Februari-21 Maret 2021 dengan login pada laman: pendaftaran.universitaspertamina.ac.id menggunakan nomor pendaftaran dan password yang diterima melalui email Konfirmasi Pembayaran.

5. Peserta yang tidak melakukan pengisian data diri akan dianggap mengundurkan diri dari seleksi.

6. Pilihan kelompok ujian disesuaikan dengan pilihan program studi yang dituju.

7. Peserta dapat memilih empat program studi yang ada di Universitas Pertamina berdasarkan kelompok ujian yang dipilih.

8. Lokasi ujian hanya tersedia Kota Jakarta (default) karena seleksi dilaksanakan secara online. Namun peserta tidak perlu datang ke Kota Jakarta, pun tidak perlu mengikuti tes tertulis apapun.

9. Peserta yang dapat mengikuti seleksi ini adalah peserta yang telah melakukan pendaftaran dan pembayaran biaya pendaftaran.

Baca juga: Berprestasi di Pramuka, Calon Mahasiswa Bisa Masuk IPB lewat Jalur PIN

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com