Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/03/2021, 09:56 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Oregon State University, Amerika Serikat, kini tengah membuka kesempatan beasiswa kuliah S1 bagi pelajar Indonesia.

Oregon State University merupakan salah satu universitas unggulan di Amerika Serikat yang termasuk dalam Tier 1 Research University yaitu salah satu dari sekian universitas dengan aktivitas riset paling tinggi di Amerika Serikat.

Sebagai salah satu universitas dengan reputasi penelitian terbaik di Amerika Serikat, pada tahun ini Oregon State University menempati peringkat 58 untuk kategori universitas paling inovatif dan merupakan top 100 universitas publik di Amerika Serikat.

Baca juga: Syarat Daftar S1 Universitas Pertahanan, Bebas Biaya Kuliah dan Hidup

Beberapa jurusan yang menjadi unggulannya antara lain Earth & Environmental Science yang menempati peringkat 20 dunia menurut QS World University Rankings.

Nuclear Engineering juga termasuk urutan ke-11 terbaik di Amerika Serikat dan jurusan Computer Science masuk dalam urutan 68 menurut US News & World Report 2021.

Selain itu, untuk jurusan Food Science & Technology Oregon State menempati urutan ke 8 di Amerika Serikat menurut College Factual.

Berlokasi di kota Corvallis yang termasuk dalam negara bagian Oregon, tinggal dan kuliah di Oregon State University memiliki banyak keuntungan.

Selain karena Corvallis memiliki biaya hidup yang relatif lebih rendah ketimbang kota-kota lainnya, juga karena kota tersebut adalah salah satu kota teraman di Amerika Serikat dengan angka kriminalitas yang sangat rendah.

Baca juga: BCA Buka Beasiswa Penuh Kuliah Bisnis Perbankan untuk Lulusan SMA-SMK

Belum lagi, Amerika Serikat masih menjadi negara tujuan kuliah favorit bagi mahasiswa internasional karena merupakan kiblat pendidikan nomor 1 di dunia.

Cakupan beasiswa

Oregon State University menawarkan program beasiswa Regional Award Scholarship for Undergraduate Students berupa potongan uang kuliah senilai USD 32.000 atau sekitar Rp 460 juta untuk 4 tahun kuliah, di mana pelajar akan mendapatkan potongan senilai USD 8.000 atau sekitar Rp 115 juta untuk per tahunnya.

Persyaratan pelamar beasiswa

1. Warga negara Indonesia (bukan warga negara Amerika Serikat) berumur minimal 16 tahun.

2. Tidak sedang menempuh pendidikan di Oregon State University.

3. Memenuhi persyaratan berdasarkan nilai akademis, prestasi, dan hasil tes resmi bahasa Inggris yang memenuhi standar.

Baca juga: Djarum Buka Beasiswa Mahasiswa D4-S1, Tunjangan Rp 1 Juta Per Bulan

Program beasiswa tersebut terbatas dan ditawarkan untuk pelajar yang akan memulai program kuliah S1 di tahun 2021 ini dengan beberapa pilihan waktu pendaftaran yaitu di bulan Maret, Juni, September dan Desember di tahun 2021.

Persyaratan dokumen

1. Copy Passport terbaru.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com