Berprestasi di Pramuka, Calon Mahasiswa Bisa Masuk IPB lewat Jalur PIN

Kompas.com - 18/02/2021, 09:46 WIB
Pramuka (Praja Muda Karana) ShutterstockPramuka (Praja Muda Karana)

KOMPAS.com- Bagi lulusan SMA atau SMK sederajat, yang memiliki keunggulan, kreativitas, dan inovasi dalam mengembangkan pengetahuannya, bisa bergabung ke Institut Pertanian Bogor (IPB) melalui jalur khusus di tahun ini.

IPB University telah membuka jalur seleksi mahasiswa baru berdasarkan capaian prestasi baik nasional maupun internasional.

Sejak tahun 1974, IPB memiliki jalur masuk dengan nama Jalur Finalis Lomba Karya Ilmiah. Sejak Tahun 2000, namanya berubah menjadi Jalur Prestasi Internasional dan Nasional (PIN) seperti yang dikenal saat ini.

Baca juga: Daya Tampung UGM di SBMPTN 2021, Ada 69 Prodi S1

Dibukanya jalur seleksi PIN ini memungkinkan siswa dengan prestasi khusus dapat masuk kampus ini.

Dilansir dari laman resmi IPB, Wakil Rektor IPB University Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan, Drajat Martianto mengatakan tujuan dibukanya jalur ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada lulusan SMA atau SMK sederajat yang berprestasi luar biasa dalam kegiatan ekstra kurikuler untuk menimba ilmu di IPB.

Drajat mengatakan, bergabungnya siswa ke dalam jalur ini agar sikap, perilaku, dan pengetahuannya dapat berkembang secara optimal.

"Untuk kualifikasi pelamar adalah lulus SMA atau Sederajat jurusan IPA atau SMK Pertanian/Kehutanan/Kimia Analis pada tahun 2021. Siswa merupakan siswa berprestasi dengan dibuktikan sertifikat penghargaan juara dalam lomba di tingkat internasional dan nasional," beber Drajar.

Baca juga: 20 Prodi dengan Nilai UTBK-SBMPTN 2020 Tertinggi

Adapun bidang lomba yang bisa disertakan, kata Drajat antara lain:

1. Lomba Karya Ilmiah

2. Olimpiade Matematika

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X