Kompas.com - 18/02/2021, 08:00 WIB
Ilustrasi sejarah sebagai seni shutterstock.com/By JenocheIlustrasi sejarah sebagai seni

KOMPAS.com - Saat ini masih ada siswa kelas 12 yang berjibaku dengan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021. Dalam pemilihan program studi (prodi) di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) biasanya dibagi menjadi dua kelompok. Yakni Sains dan Teknologi (Saintek) dan Sosial Humaniora (Soshum).

Salah satu prodi yang ada di Soshum yakni Ilmu Sejarah. Saat menjalani pendidikan di jenjang SMP atau SMA, pelajaran Sejarah dianggap membosankan bagi sebagian siswa.

Di jenjang perguruan tinggi, Ilmu Sejarah juga memiliki jumlah peminat lebih sedikit dibandingkan jurusan-jurusan lain.

Baca juga: 20 Prodi dengan Nilai UTBK-SBMPTN 2020 Tertinggi

Melansir laman Merangkum laman LTMPT, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta dalam SBMPTN mempunyai daya tampung untuk Ilmu Sejarah sebanyak 23 dan peminatnya pada tahun 2020 sebanyak 277.

Sedangkan prodi lain dari kelompok Soshum, misalnya Ilmu Administrasi Negara, dengan daya tampung 31 peminatnya pada tahun 2020 mencapai 1.200

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal serupa juga terjadi di Ilmu Sejarah di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Sejarah mempunyai daya tampung 16 dan peminatnya tahun 2020 sebanyak 252. Sedangkan di prodi lain di kelompok Soshum, Akuntansi dengan daya tampung 53, peminatnya di tahun 2020 sebesar 2.108.

Meskipun tak banyak peminat, Ilmu Sejarah memiliki prospek kerja yang tak kalah hebat dari jurusan lain. Merangkum laman Kagama.co, ada sejumlah peluang pekerjaan menarik bagi kalian yang akan memilih atau sudah menempuh pendidikan Ilmu Sejarah.

Baca juga: Daya Tampung UGM di SBMPTN 2021, Ada 69 Prodi S1

1. Dosen dan Guru Sejarah

Jika kalian mempunyai minat di bidang public speaking dan menyukai berbagi pengetahuan? Menjadi dosen dan guru sejarah bisa menjadi “jalan ninjamu” untuk mengembangkan karier setelah lulus nanti.

Lapangan pekerjaan menjadi dosen maupun guru, sudah jelas prospek kerjanya terbuka lebar, karena tenaga pengajar selalu dibutuhkan di mana-mana.

Apalagi jika kariermu berkembang dan cermat memanfaatkan kesempatan, maka gaji yang diperoleh dari mengajar juga besar.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.