Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Calon Mahasiswa Penghafal Quran, Ada "Golden Ticket" Masuk Unair

Kompas.com - 15/02/2021, 11:41 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Universitas Airlangga Surabaya membuka jalur "Golden Ticket" untuk siswa pendaftar pada jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021.

"Jalur ini dibuka saat pelaksanaan SNMPTN pada Selasa (16 Februari) hingga Sabtu (20 Februari) dan merupakan jalur percepatan yang bisa diraih oleh pendaftar SNMPTN dengan prestasi luar biasa," ujar Rektor Unair, Mohammad Nasih, dilansir dari laman unair.ac.id

Nasih menjelaskan, nilai akademik tak mutlak untuk bisa mencapai Golden Ticket. Mereka yang terpilih adalah yang dianggap memiliki prestasi luar biasa, yakni pengakuan dari institusi internasional yang terpandang dan kredibel, serta linier dengan program studi yang dipilih.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah IPA Sepi Peminat, tetapi Berprospek Cerah

"Meski bukan menjadi yang pertama, tapi tetap saja nilai akademik menjadi penentu selanjutnya," ucapnya.

Kriteria lainnya, peserta SNMPTN yang terpilih juga harus memiliki kemampuan kepemimpinan. Misal, pernah menjabat menjadi ketua OSIS dari sekolah terpandang dan sekolah dengan jumlah siswa tertentu.

Bisa juga, Penghafal Al-Quran ataupun penghafal kitab suci sesuai keyakinan yang berasal dari SMA atau sekolah yang tidak berbasis agama.

Nasih mengatakan siswa dengan kriteria tersebut dapat mendaftarkan diri melalui jalur Golden Ticket.

Baca juga: Peneliti Unair: Madu dari Lebah Ini Bantu Atasi Osteoporosis

Secara umum, kuota mahasiswa baru di Unair pada tahun ini dibagi untuk tiga jalur, yakni;

1. SNMPTN

2. SBMPTN

3. Jalur Mandiri.

Namun jumlah kursi yang disediakan disebutkan Nasih sedikit lebih banyak daripada tahun lalu.

"Kuotanya masing-masing adalah untuk SNMPTN 30 persen, SBMPTN 40 persen dan Mandiri 30 persen," katanya.

Sementara, Nasih mengatakan Khusus kuota di jalur SNMPTN sekitar 1.260 mahasiswa baru. 

Ketua Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) Unair, Achmad Solihin, menambahkan syarat lainnya untuk peserta yang bisa mendapatkan Golden Ticket harus memilih kampus itu sebagai pilihan utama dalam SNMPTN.

Baca juga: Pakar Unair: Kita Harus Masih Pakai Masker 4 Tahun Lagi

Siswa juga harus mengikuti rangkaian acara Airlangga Education Expo (AEE) yang diselenggarakan secara daring. Termasuk mengisi absensi untuk mendapatkan bukti kehadiran. Terakhir, lanjut dia, siswa harus melakukan pendaftaran di link yang tersedia.

"Setelah itu akan diproses dan diseleksi, apakah kemampuan akademiknya masih dalam rentang yang bisa diterima. Pengumuman pada 24 Februari 2021 atau saat penutupan AEE," katanya.

Achmad mengatakan, tidak membatasi peserta SNMPTN peminat jalur Golden Ticket. Kuota penerimanya dijanjikan akan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing fakultas.

Hingga kini, sudah bisa dipastikan "Golden Ticket" tersedia, masing-masing untuk Fakultas Kedokteran (FK) dan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Unair.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com