Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/03/2021, 15:03 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penggunaan pupuk bagi kalangan petani merupakan hal yang lumrah. Pemberian pupuk bertujuan untuk meningkatkan produksi pertanian.

Namun banyak permasalahan yang dialami petani dalam hal pengadaan pupuk. Mulai dari harga pupuk non subsidi yang cukup mahal, kurangnya pasokan pupuk bagi petani serta dampaknya terhadap lingkungan.

Dampak bagi lingkungan ini biasa terjadi pada pupuk nitrogen. Permasalahan lain penggunaan pupuk adalah efisiensinya yang rendah dan menyebabkan penurunan produktivitas tanah.

Dari permasalahan pupuk di kalangan petani ini, Tim Dosen Agroteknologi Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto membuat pupuk N-ZEO-SRPlus.

Tim dosen Unsoed buat inovasi pupuk

Tim pembuatan pupuk N-ZEO-SRPlus terdiri dari Ir. Kharisun, PhD., Dr. Ir. M Rif’an, MP, Ir. Mudjiono, MP dan Dr.Tech.Sc. Ir. Budi Prakoso, M.Sc. dibantu tim teknis yang terdiri Kartika Ferrawati, SP, Ratri Noorhidayah, S.P, M.Sc, Narso, AMd dan Eri Nurvitasari, AMd.

Baca juga: Guru Besar UGM: Tumbuhkan Regenerasi Petani dengan Cara Ini

Ir. Kharisun, Ph.D mengatakan, uji coba pupuk telah dilaksanakan pada berbagai komoditas tanaman pangan seperti padi dan jagung. Maupun tanaman hortikultura seperti bawang merah dan selada di berbagai lokasi. Mulai dari Cirebon, Purwosari, Tambaksari dan Jetis.

Dalam kegiatan ini juga dilibatkan 24 mahasiswa S1 Agroteknologi dan 2 mahasiswa S2 Agronomi.

"Embrio dari pupuk N-ZEO-SRPlus adalah pupuk alami NZEO-SR (Nitrogen Zeolite Slow Release) menggunakan bahan yang mempunyai kemampuan meningkatkan efisiensi pemupukan dan meningkatkan kapasitas tukar kation (KTK). Serta mampu memperbaiki sifat fisik dan kimia tanah yaitu zeolite dan montmorilonit," terang Kharisun seperti dikutip dari laman unsoed.ac.id, Minggu (7/3/2021).

Menurut Kharisun, pupuk alami 'NZEO-SR' dibuat dari bahan utama deposit zeolit alam dan lempung tipe 2:1 jenis montmorillonite sebagai bahan penyemen (cementing agent) dan telah diujicobakan pada tanaman padi pada tanah ultisol.

Baca juga: Apa itu Love Scam dan Upaya Pencegahannya? Begini Kata Dosen UGM

Pupuk NZEO-SR perlu dikembangkan

Kharisun mengungkapkan, pupuk NZEO-SR perlu dikembangkan untuk memberikan manfaat yang lebih luas bagi petani. Khususnya dengan makin meningkatnya permasalahan stres abiotic yang dialami oleh tanaman. Seperti kekeringan dan kegaraman, dan stres biotik seperti hama dan penyakit.

"Produk NZEO-SR juga akan dikembangkan menjadi pupuk NZEO-SR Plus dengan pengkayaan unsur Si dan peningkatan teknologinya," ungkap Ir. Kharisun, PhD.

Pengembangan pupuk NZEO-SR menjadi NZEO-SRPlus bertujuan untuk meningkatkan performa pupuk dalam penerapannya di lahan pertanian. Selain itu juga meningkatkan efisiensi serapan nitrogen oleh tanaman dan meningkatkan ketahanan tanaman terhadap kondisi stres abiotik dan biotik.

Baca juga: Dosen UNY: Ini Dampak Bullying bagi Korban dan Pelaku, Berikut Pencegahannya

Hal ini karena pupuk NZEO-SRPlus akan lebih diprioritaskan digunakan pada lahan-lahan sub-optimal yang mempunyai permasalahan spesifik (marginal). Tetapi mempunyai potensi yang sangat besar untuk dikembangkan seperti lahan pasir dan lahan tanah masam.

Gunakan teknologi nano

Pengembangan teknologi pupuk NZEO-SRPlus ini dilakukan dengan teknologi nano untuk ukuran zeolite dan perakitannya menggunakan coating dari mineral silikat montmorillonit yang berukuran nano dan bahan humat.

"Coating dengan teknologi tersebut akan menyebabkan pupuk mempunyai kemampuan mengendalikan unsur N lebih baik sehingga efisiennya lebih tinggi dan memudahkan penggunaan di lapang," imbuh Kharisun.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com