Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UI Buka Program Pre-University bagi Siswa SMA-SMK dan "Gap Year"

Kompas.com - 10/05/2024, 10:16 WIB
Sania Mashabi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pelajar SMA atau sederajat dan kini bisa mencoba ikut perkuliahan di Universitas Indonesia (UI) secara online melalui Center for Independent Learning Universitas Indonesia (CIL UI) atau yang biasa disebut program Pre-University.

Selain pelajar SMA, program ini juga bisa diikuti oleh lulusan S1/S2, siswa gapyear ataupun masyarakat umum yang berminat ikut kuliah di UI.

"Siswa-siswi SMA/SMK dan Peserta umum dalam jenjang S1/S2 yang ingin melanjutkan ke jenjang berikutnya dapat mengikuti kegiatan perkuliahan di kampus secara online melalui CIL-UI dan mengumpulkan mikro-kredensialnya," demikian yang tertulis di laman resmi CIL UI dikutip Selasa (7/5/2025).

Peserta yang ikut perkuliahan ini nantinya akan mendapat pembelajaran melalui video dan diberikan mikro kredensial atau kualifikasi seperti sertifikat.

Baca juga: UI Umumkan Biaya Kuliah 2024, Ada yang Capai Rp 161 Juta

Nantinya, mikro kredensial itu bisa dikonversi menjadi Sistem Kredit Semester (SKS) jika berhasil setelah lulus sekolah berhasil masuk UI.

Namun, jika tidak berhasil masuk UI, paling tidak siswa tetap mendapatkan pengalaman kuliah di salah satu perguruan tinggi favorit di Indonesia.

Cara daftar program

Jika berminat ikut program Pre-University berikut langkah-langkah yang harus ditempuh:

1. Peserta mengunjungi website cil untuk melihat informasi terkait pendaftaran Pre- U melalui laman https://cil.ui.ac.id/

2. Pada website CIL, dapatkan informasi berupa daftar mata kuliah yang tersedia sebagai mata kuliah Pre U. (Mata kuliah Pre U diawali dengan kata Pre U sebelum judul mata kuliah) https://cil.ui.ac.id/marketplace/

3. Selanjutnya, unduh dan mengisi berkas kesanggupan mengikuti program Pre-U yang terdapat pada menu program tersedia kemudian pilih Pre University Program. (Surat tersebut hanya bisa ditujukan untuk program Pre U).

Baca juga: 5 Jalur Masuk Universitas Indonesia 2024 Selain SNBT dan SNBP

4. Langkah selanjutnya, mendaftar di website ILISt dengan cara klik tombol daftar di sebelah tombol “surat pendaftaran Pre U”.

5. Pada saat Anda mengklik tombol daftar, kamu akan memasuki website CIL https://cil.ui.ac.id/marketplace/login. Kemudian lakukan pembuatan akun ILISt dengan Daftar sebagai Mahasiswa Non-UI.

6. Selanjutnya, tuliskan nama, alamat email, password yang dibuat, nama universitas/PT (untuk nama universitas/PT mohon untuk memilih _Umum_(Non- Mahasiswa) dan klik buat akun.

7. Setelah membuat akun, login dengan akun yang sebelumnya dibuat.

8. Untuk melakukan pendaftaran program Pre-U, kamu perlu mengisikan info profil terlebih dahulu dengan tujuan untuk mendaftar sebagai peserta dari program Pre-U.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com