Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Negara-negara Pendiri PBB

Kompas.com - 17/06/2023, 09:00 WIB
Verelladevanka Adryamarthanino ,
Nibras Nada Nailufar

Tim Redaksi

Sumber Kompas.com

KOMPAS.com - Perserikatan Bangsa-Bangsa atau disingkat PBB adalah organisasi internasional terbesar yang menaungi 193 negara di dunia.

PBB dibentuk dua bulan setelah Indonesia merdeka, tepatnya tanggal 24 Oktober 1945.

Adapun latar belakang dibentuknya PBB didorong oleh kondisi dunia saat itu yang tengah terguncang akibat Perang Dunia II (1939-1945).

Menjelang berakhirnya Perang Dunia II, negara-negara kubu Sekutu sepakat untuk membentuk organisasi global yang menangani urusan antarnegara, yaitu PBB.

Lalu, mana saja negara-negara pendiri PBB?

Baca juga: Tujuan PBB, Organisasi Internasional Terbesar di Dunia

5 Negara Pendiri PBB

Ada lima negara yang sepakat mendirikan PBB, yaitu:

  1. Amerika Serikat
  2. Perancis
  3. China
  4. Inggris
  5. Uni Soviet

Dari kelima negara tersebut, Amerika Serikat, Inggris, China, dan Uni Soviet adalah negara Blok Sekutu dalam Perang Dunia II.

Pada penghujung Perang Dunia II, negara-negara Blok Sekutu inilah yang sepakat untuk membentuk organisasi global yang bertugas mengatasi urusan antarnegara.

Orang pertama yang mengusulkan ide tersebut adalah Presiden Amerika Serikat Franklin D Roosevelt dan Perdana Menteri Inggris Winston Churchill saat menandatangani Piagam Atlantik pada Agustus 1941.

Ketika ketiga negara itu berencana membentuk PBB, Perdana Menteri Inggris Winston Churchill melihat bahwa Perancis memiliki peran penting sebagai penyangga Eropa dalam melawan potensi agresi Jerman dan Soviet, sehingga Perancis ikut terlibat dalam pembentukan PBB.

Setelah itu, mereka memilih nama “United Nations” sebagai simbol perlawanan terhadap musuh Blok Sekutu, yaitu Jerman, Italia, dan Jepang.

Kemudian pada 1 Januari 1942, Declaration by United Nations ditandatangani oleh 26 negara yang berisi tujuan perang Blok Sekutu.

Lebih lanjut, Amerika Serikat, Inggris, dan Uni Soviet atau yang disebut Big Three merancang struktur sekaligus fungsi PBB.

Baca juga: Solusi Dewan Keamanan PBB untuk Masalah Indonesia dan Belanda

Pengesahan PBB

Pada 21 Agustus hingga 7 Oktober 1944, perumusan PBB untuk pertama kalinya diselenggarakan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com