Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dampak Perubahan Iklim, Ratusan Tanaman dan Lumut Terancam Punah

Kompas.com - 18/10/2023, 08:02 WIB
Usi Sulastri,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dampak perubahan iklim kian nyata dan mulai mengganggu keseimbangan ekosistem bumi. Laporan terbaru mengungkapkan, perubahan iklim mulai mengancam kelestarian tumbuhan dan lumut.

Dikutip dari Earth, Senin (16/10/2023), dampak perubahan iklim saat ini menyebabkan lebih dari 700 spesies tanaman dan lumut menghadapi risiko punah.

Dampak perubahan iklim pada tanaman dan lumut

Sejumlah spesies tanaman dan lumut yang terdaftar sebagai spesies terancam punah di bawah Undang-undang Spesies Terancam (Endangered Species Act) sangat rentan terhadap dampak perubahan iklim.

Baca juga: Dampak Perubahan Iklim, Pohon Hutan Hujan Tropis Gagal Berfotosintesis

Tak hanya itu, dampak perubahan iklim juga semakin mengancam spesies lain yang sebelumnya telah dalam kondisi rentan karena jumlah atau populasinya yang semakin langka.

Sebagian besar organisme yang diakui di bawah Undang-undang Spesies Terancam adalah tanaman dan lumut.

Sayangnya, evaluasi sistematis mengenai risiko yang dihadapi oleh tanaman dan lumut akibat perubahan iklim belum dilakukan secara menyeluruh selama lebih dari satu dekade.

Untuk menyelidiki lebih lanjut, tim peneliti yang dipimpin oleh Wrobleski memanfaatkan  metode yang sebelumnya digunakan untuk mengevaluasi ancaman perubahan iklim terhadap hewan liar.

Pendekatan baru ini memungkinkan para peneliti untuk menilai sejauh mana tanaman dan lumut yang terdaftar rentan terhadap perubahan iklim.

Mereka berusaha mencari tahu apakah perubahan iklim secara resmi diakui sebagai ancaman bagi setiap spesies.

Baca juga: Dampak Perubahan Iklim, Gagal Tanam Ancaman Krisis Pangan Nasional

 

Hasil analisis tersebut menegaskan, dampak perubahan iklim, sangat memengaruhi kelangsungan hidup semua spesies tanaman dan lumut yang terdaftar sebagai spesies rentan.

Strategi melindungi tanaman dan lumut

Dilansir dari Science Daily, Senin (16/10/2023), kendati perubahan iklim telah diyakini sebagai ancaman bagi spesies-spesies ini, namun tampaknya masih terdapat kekurangan dalam upaya perlindungan dan ini harus segera diperbaiki.

Para peneliti mendesak perlunya tindakan proaktif yang harus segera dilakukan untuk menjamin kelangsungan hidup dan pemulihan banyak spesies ini.

Hasil penelitian ini seharusnya menjadi panduan dalam perencanaan konservasi tanaman dan lumut yang terancam punah serta membantu merumuskan rekomendasi untuk pemulihan spesies di masa depan.

Para peneliti mengevaluasi rencana konservasi untuk spesies tanaman dan lumut yang terancam punah di bawah Undang-undang Spesies Terancam.

Mereka menemukan, rencana konservasi tersebut tidak dapat mengatasi atau melindungi spesies tersebut dari dampak perubahan iklim.

Baca juga: Dampak Perubahan Iklim Sebabkan Gletser Himalaya Mencair Lebih Cepat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com