Kompas.com - 11/08/2023, 09:30 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Sumber PHYSORG

KOMPAS.com - Dampak perubahan iklim mulai tampak memengaruhi ekosistem laut. Sebuah studi baru menunjukkan spesies ikan predator akan kehilangan habitat secara luas dan redistribusi pada tahun 2100.

Studi ini menjelaskan bagaimana dampak perubahan iklim menyebabkan ikan predator teratas dalam rantai ekosistem laut, termasuk hiu, ikan tuna, ikan marlin, dan ikan todak, kehilangan habitatnya.

Ikan-ikan tersebut saat ini banyak ditemukan di Samudra Atlantik Barat Laut (NWA) dan Teluk Meksiko (GOM).

Lantas, apa penyebab dan mengapa ini bisa terjadi?

Ternyata wilayah itu termasuk area laut dengan pemanasan tercepat dan diproyeksikan meningkat antara 1-6 derajat Celsius pada akhir abad ini, sebagai dampak dari perubahan iklim. Hal itu tentunya akan mendorong perubahan ekosistem laut.

Dikutip dari Phys, Kamis (10/10/2023) dalam beberapa kasus, spesies yang ikonik, penting secara ekonomi dan ekologis ini dapat kehilangan lebih dari 70 persen habitat yang sesuai pada akhir abad ini.

Baca juga: Dampak Perubahan Iklim Sebabkan Gletser Himalaya Mencair Lebih Cepat

Dalam banyak kasus, dampak dari perubahan yang disebabkan oleh iklim itu sudah dapat diamati.

"Efek perubahan iklim yang sedang berlangsung menyoroti kebutuhan mendesak untuk secara adaptif dan proaktif mengelola ekosistem laut," tulis peneliti dalam studinya yang dipublikasikan di Science Advances.

Dampak perubahan pada ekosistem laut

Dalam studinya, para ilmuwan menggunakan tiga satelit, model oseanografi, dan data biologis in situ untuk mengembangkan model distribusi spesies untuk menilai bagaimana perubahan iklim berdampak pada spesies ikan di NWA dan GOM.

"Penelitian yang menunjukkan adanya perubahan iklim yang terjadi sekarang bukan dari proyeksi perubahan iklim tetapi berdasarkan data empiris yang diamati dari dua dekade terakhir," ungkap Rebecca Lewison, salah satu penulis studi dari San Diego State University.

"Jadi sementara temuan kami menunjukkan pergeseran spesies yang lebih besar dalam waktu dekat, itu juga menjelaskan perubahan substansial dalam distribusi spesies yang telah terjadi," katanya lagi.