Kompas.com - 26/09/2022, 18:31 WIB

KOMPAS.com- Perubahan iklim membawa dampak bagi Bumi. Bukan hanya memengaruhi makhluk hidup, tetapi dampak krisis iklim ini dengan cepat telah turut mengubah warna planet, yakni berubahnya warna danau di Bumi.

Dalam sebuah studi baru, para ilmuwan menunjukkan pemanasan suhu global mengubah danau berwarna biru menjadi hijau cokelat keruh.

Mengutip IFL Science, Senin (26/9/2022) warna danau dipengaruhi oleh banyak faktor, terutama tingkat alga dan sedimen.

Akan tetapi, dalam penelitian terbaru ini mengungkap suhu udara, curah hujan, kedalaman danau serta ketinggiannya juga membantu menentukan warna danau. Sedikitnya, ada sepertiga danau di dunia yang berwarna biru dan dua pertiga sisanya berwarna hijau-cokelat.

Danau yang lebih biru cenderung lebih dalam dan ditemukan di daerah lintang tinggi yang lebih dingin, serta curah hujan tinggi dan lapisan es musim dingin.

Sementara danau berwarna hijau-cokelat ditemukan di daerah yang lebih kering, interior benua, dan di sepanjang garis pantai. Namun, dampak perubahan iklim menjadikan danau biru menjadi semakin langka.

Temuan ini didapatkan setelah peneliti dari University of North Carolina di Chapel Hill mengamati perubahan warna lebih dari 5 juta citra satelit Landsat-8 yang merinci 85.360 danau waduk di seluruh dunia dari tahun 2013 hingga 2020.