Kompas.com - 26/09/2022, 18:31 WIB


KOMPAS.com- Perubahan iklim membawa dampak bagi Bumi. Bukan hanya memengaruhi makhluk hidup, tetapi dampak krisis iklim ini dengan cepat telah turut mengubah warna planet, yakni berubahnya warna danau di Bumi.

Dalam sebuah studi baru, para ilmuwan menunjukkan pemanasan suhu global mengubah danau berwarna biru menjadi hijau cokelat keruh.

Mengutip IFL Science, Senin (26/9/2022) warna danau dipengaruhi oleh banyak faktor, terutama tingkat alga dan sedimen.

Akan tetapi, dalam penelitian terbaru ini mengungkap suhu udara, curah hujan, kedalaman danau serta ketinggiannya juga membantu menentukan warna danau. Sedikitnya, ada sepertiga danau di dunia yang berwarna biru dan dua pertiga sisanya berwarna hijau-cokelat.

Danau yang lebih biru cenderung lebih dalam dan ditemukan di daerah lintang tinggi yang lebih dingin, serta curah hujan tinggi dan lapisan es musim dingin.

Sementara danau berwarna hijau-cokelat ditemukan di daerah yang lebih kering, interior benua, dan di sepanjang garis pantai. Namun, dampak perubahan iklim menjadikan danau biru menjadi semakin langka.

Temuan ini didapatkan setelah peneliti dari University of North Carolina di Chapel Hill mengamati perubahan warna lebih dari 5 juta citra satelit Landsat-8 yang merinci 85.360 danau waduk di seluruh dunia dari tahun 2013 hingga 2020.

Baca juga: Warna Sayap Capung Jantan Jadi Memudar Karena Dampak Perubahan Iklim

Hasilnya peneliti menemukan bahwa danau biru menurun jumlahnya. Para peneliti percaya bahwa penurunan ini disebabkan kenaikan suhu yang terkait dengan dampak perubahan iklim.

Hal tersebut menyebabkan ganggang menjadi tumbuh subur di danau. Meski mikroskopis, penumpukan alga ini akhirnya dapat mengubah perubahan massa danau.

"Air yang lebih hangat menghasilkan lebih banyak ganggang pula. Ini membuat warna danau biru berubah," ungkap Catherine O'Reilly, ahli ekologi akuatik di Illinois State University dan penulis studi dalam sebuah pernyataan.

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.