Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti Apa Lubang Hitam Tertua di Alam Semesta?

Kompas.com - 11/07/2023, 15:00 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Para astronom berhasil menemukan lubang hitam tertua di alam semesta. Lubang hitam itu setidaknya sudah ada sejak alam semesta berusia kurang dari 600 juta tahun.

Astronom juga menemukan bahwa lubang hitam terjauh yang pernah diamati ini berukuran setara dengan sekitar 9 juta massa Matahari.

Penemuan lubang hitam tertua

Dikutip dari Live Science, Selasa (11/7/2023) lubang hitam tersebut dideteksi oleh Teleskop Luar Angkasa James Webb (JWST) dan merupakan bagian dari Cosmic Evolution Early Release Science (CEERS) Survey.

Temuan lubang hitam tertua ini menjadi menarik karena menurut Steven Finkelstein, astronom University of Texas di Austin, sampai sekarang penelitian tentang objek di alam semesta awal sebagian besar bersifat teoritis.

Baca juga: Seperti Apa Foto Lubang Hitam Pertama yang Dipertajam Menggunakan AI?

Dengan menggunakan Teleskop James Webb, peneliti pun tidak hanya dapat melihat lubang hitam dan galaksi pada jarak ekstrem tetapi juga mengukurnya secara akurat. Itulah kekuatan luar biasa dari teleskop luar angkasa ini.

Lebih lanjut, lubang hitam tersebut terletak di jantung galaksi bernama CEERS 1019 dan berukuran sekitar 9 juta massa Matahari.

Ukuran itu mungkin terdengar sangat masif, tetapi banyak lubang hitam supermasif dapat tumbuh hingga miliaran kali massa bintang Matahari.

Namun meski dengan ukuran yang relatif kecil, keberadaan lubang hitam dengan massa sebesar itu di awal alam semesta menjadi teka-teki bagi para ilmuwan.

Ini karena proses pertumbuhan lubang hitam supermasif, baik dengan penggabungan antara lubang hitam yang lebih besar secara berturut-turut atau dengan melahap materi di sekitarnya dengan rakus, akan memakan waktu lebih lama dari 570 juta tahun.

Baca juga: Seperti Apa Planet Seukuran Neptunus yang Dihujani Logam?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com