Seperti Apa Lubang Hitam Tertua di Alam Semesta?

Kompas.com - 11/07/2023, 15:00 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

KOMPAS.com - Para astronom berhasil menemukan lubang hitam tertua di alam semesta. Lubang hitam itu setidaknya sudah ada sejak alam semesta berusia kurang dari 600 juta tahun.

Astronom juga menemukan bahwa lubang hitam terjauh yang pernah diamati ini berukuran setara dengan sekitar 9 juta massa Matahari.

Penemuan lubang hitam tertua

Dikutip dari Live Science, Selasa (11/7/2023) lubang hitam tersebut dideteksi oleh Teleskop Luar Angkasa James Webb (JWST) dan merupakan bagian dari Cosmic Evolution Early Release Science (CEERS) Survey.

Temuan lubang hitam tertua ini menjadi menarik karena menurut Steven Finkelstein, astronom University of Texas di Austin, sampai sekarang penelitian tentang objek di alam semesta awal sebagian besar bersifat teoritis.