Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti Apa Galaksi Ubur-ubur yang Ditangkap Teleskop Hubble?

Kompas.com - 09/05/2023, 12:00 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber PHYSORG


KOMPAS.com - Sebuah galaksi unik tertangkap Teleskop Luar Angkasa Hubble milik badan antariksa nasional Amerika Serikat, NASA.

Galaksi ubur-ubur, demikian nama yang disematkan pada galaksi JO175 yang terletak lebih dari 650 juta tahun cahaya dari Bumi.

Teleskop Hubble menemukan galaksi ubur-ubur ini di konstelasi Telescopium. Penampakan galaksi tersebut ditangkap sangat jelas oleh kamera teleskop Hubble, Wide Field Camera 3.

Nama unik galaksi ubur-ubur

Lantas, mengapa diberi nama galaksi ubur-ubur?

Gambar galaksi ubur-ubur yang ditangkap teleskop Hubble ini pun dirilis NASA dan ESA, badan antariksa Eropa, belum lama ini.

Baca juga: Seperti Apa Inti Bulan Satelit Bumi?

Seperti dilansir dari Phys, Selasa (9/5/2023), galaksi ubur-ubur tersebut mendapatkan namanya dari sulur gas dan debu pembentuk bintang yang mengikuti di belakangnya, yang tampak seperti tentakel ubur-ubur.

Oleh karenanya, astronom menjuluki galaksi JO175 sebagai galaksi ubur-ubur.

 

Sulur-sulur cerah bercahaya ini mengandung gumpalan pembentuk bintang dan memberikan penampilan yang sangat mencolok pada galaksi unik ini.

Galaksi JO175 membuat rumah mereka dalam gugus galaksi. Tekanan plasma super panas yang lemah, menembus gugus galaksi dan inilah yang menarik sulur khas dari galaksi ubur-ubur.

Baca juga: Seperti Apa Foto Lubang Hitam Pertama yang Dipertajam Menggunakan AI?

 

Baru-baru ini, Teleskop Luar Angkasa Hubble NASA telah menyelesaikan pengamatan lebih dalam kluster galaksi ubur-ubur.

Terutama pengamatan mendalam pada gumpalan gas dan debu pembentuk bintang yang ada pada sulur-sulur galaksi unik tersebut.

Dengan mempelajari asal-usul dan kehidupan bintang di kluster galaksi JO175 ini, para astronom berharap dapat lebih memahami proses dasar pembentukan bintang di tempat lain di alam semesta ini.

Menariknya, dalam studi tersebut, para astronom menunjukkan bahwa pembentukan bintang di piringan galaksi serupa dengan pembentukan bintang dalam kondisi ekstrem yang ditemukan di sulur galaksi ubur-ubur.

Baca juga: Seperti Apa Bentuk Cincin Uranus yang Diabadikan Teleskop James Webb?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com